Comscore Tracker

Puan Makan Malam dengan Walkot Busan Jelang Terima Gelar Kehormatan

Puan sampaikan salam Bahasa Korea

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani dikabarkan telah tiba di Busan, Korea Selatan, Minggu (6/11/2022) malam. Kedatangan Puan ke Busan dalam rangka menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU).

Puan dijamu makan malam oleh Wali Kota Busan, Park Heong-joon di Westin Chosun Hotel, Busan. Dalam acara itu, Puan mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam berbahasa Korea.

Annyeonghaseyo. Senang berada di sini, di Kota Busan yang indah, sebelum saya melakukan serangkaian kegiatan dalam beberapa hari mendatang,” ujar Puan dalam keterangan tertulis.

1. Puan singgung hubungan diplomatik Indonesia-Korsel makin intens

Puan Makan Malam dengan Walkot Busan Jelang Terima Gelar KehormatanKetua DPR RI Puan Maharani di Busan, Korea Selatan, Minggu (6/11/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Puan mengaku senang telah mendapat sambutan hangat dari Korea Selatan. Dia kemudian menyinggung hubungan diplomatik antara Indonesia-Korea Selatan telah berlangsung 50 tahun dan terus mengalami kemajuan.

“Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea telah berlangsung selama 50 tahun. Intensitas hubungan kedua negara setiap tahun mengalami kemajuan dan meluas ke berbagai sektor mulai dari perdagangan, politik, pendidikan, teknologi dan inovasi,” tuturnya.

2. Puan sebut Busan jadi peran kunci perdagangan

Puan Makan Malam dengan Walkot Busan Jelang Terima Gelar KehormatanKetua DPR RI Puan Maharani saat makan malam dengan Wali Kota Busan di Busan, Korea Selatan, Minggu (6/11/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Sebagai pelabuhan perdagangan utama di Korea Selatan, kata Puan, Busan memiliki peran kunci dalam perdagangan, logistik, industri maritim, dan pertukaran budaya, termasuk dengan Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut merupakan kesamaan sejarah dengan Indonesia karena Indonesia terletak di jalur laut antara Samudra Hindia dan Pasifik.

“Seperti banyak kota di Indonesia, Busan memiliki warisan budaya yang kaya dengan landmark bersejarah, dan yang paling penting adalah lokasi wisata yang luas dengan pantai dan wisata alam,” ujar Puan.

Kesamaan tersebut pun membuat Busan menjalin kerja sama sister city dengan Surabaya. Politikus PDIP ini mengatakan, Indonesia juga telah memilih Busan sebagai tempat Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

“Hal ini merupakan pengakuan akan pentingnya peran Busan dalam menghubungkan Indonesia dan Korea,” sebutnya.

3. Puan akan diberi gelar Honoris Causa Ilmu Politik

Puan Makan Malam dengan Walkot Busan Jelang Terima Gelar KehormatanKetua DPR RI Puan Maharani saat tiba di Busan untuk menerima gelar Honoris Causa dari PKNU, Minggu (6/11/2022). (Dok/Tim Media Puan Maharani)

Pukyong National University (PKNU) dikabarkan bakal memberikan gelar Doktor Honoris Causa untuk Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan akan mendapatkan gelar doktor kehormatan untuk bidang Ilmu Politik. Dalam pertemuan teknis antara perwakilan PKNU dengan delegasi dari Jakarta di Kampus Pukyong yang berada di Busan hari ini, Wakil Rektor PKNU Kim Young Bok menyatakan pihaknya siap melangsungkan acara Penganugerahan Doktor Honoris Causa untuk Puan.

“Gladi resik dan urusan teknis sudah kami lakukan. PKNU siap untuk memberi penganugerahan Doktor Honoris Causa untuk Ibu Puan," kata Kim Young Bok dalam keterangan tertulis, Jumat (4/11/2022).

4. Puan juga terima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Undip pada 2020

Puan Makan Malam dengan Walkot Busan Jelang Terima Gelar Kehormatan(Dok. kampusundip.com)

Diketahui, Puan sebelumnya juga telah mendapat gelar kehormatan dari Universitas Diponogoro (Undip) pada 2020. Dengan demikian, gelar Doktor Honoris Causa dari PKNU ini akan menjadi gelar kedua bagi Puan.

Universitas Diponegoro saat itu menganugerahkan Puan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional. Puan meraih gelar tersebut karena dinilai terbukti berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara serta umat manusia.

Kontribusi itu dinilai terlihat dalam kedudukan Puan Maharani saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Baca Juga: Universitas Korsel Siap Beri Gelar Doktor Kehormatan untuk Puan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya