Comscore Tracker

Puan Singgung Tahun Politik Serasa Lebih Awal, Sudah Dibahas di Warkop

Puan sebut masyarakat sudah dewasa dalam berpolitik

Jakarta, IDN Times — Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyinggung soal Pemilu 2024 yang seperti terjadi lebih awal karena banyak dibahas di warung kopi (warkop) oleh masyarakat.

Hal itu Puan sampaikan dalam pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR 2022 pada Selasa (16/8/2022).

“Kita semua dapat merasakan bahwa tahun politik sepertinya datang lebih awal. Perbincangan tentang suksesi kepemimpinan nasional menjadi topik di media sosial hingga warung-warung kopi di penjuru negeri,” kata Puan.

Menurutnya kondisi itu menunjukkan bahwa masyarakat sudah dewasa dalam menghadapi perbedaan politik. Ketua DPP PDIP itu kemudian menyinggung konsep dalam politik yang mengetahui kapan waktu bertanding.

PDIP sendiri saat ini belum memberikan sinyal berkoalisi dengan partai politik. Perlu diketahui juga, PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang bisa mencalonkan pasangan untuk Pilpres 2024 tanpa berkoalisi karena telah lolos ambang batas presiden (presidential threshold).

“Sejak pemilu demokratis kembali digelar pada 1999, masyarakat sudah mengajarkan kepada kita semua bagaimana menyikapi perbedaan dalam politik. Kita tentu paham kapan waktu bertanding dan kapan waktu bersanding,” tutur Puan

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR 2022

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya