Ramai-ramai Komisi X Minta Sandiaga Bangun Wisata di Indonesia Timur

Komisi X DPR juga desak Sandiaga bangun wisata religi

Jakarta, IDN Times — Beberapa anggota Komisi X DPR RI meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, untuk mengedepankan pariwisata di daerah Indonesia timur. Pasalnya, kawasan pariwisata di Indonesia timur dinilai dioptimalkan oleh pemerintah. 

Beberapa anggota Komisi X DPR RI juga mendorong Sandiaga mulai mengembangkan wisata religi di Indonesia, untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata.

1. Membangun wisata di Indonesia timur

Ramai-ramai Komisi X Minta Sandiaga Bangun Wisata di Indonesia TimurKeindahan Pesisir Pantai di Raja Ampat, Papua Barat (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Moh Haerul Amri, menilai pembangunan pariwisata di daerah Indonesia timur perlu ditingkatkan. Menurutnya, kawasan Indonesia timur belum mendapatkan sarana dan prasarana penunjang pariwisata yang maksimal.

“Saya memberikan catatan agar pembangunan pariwisata lebih merata, khususnya di wilayah Indonesia timur. Karena wisata di Indonesia timur sangat bagus sekali, tapi dari segi transportasi dan lain lainnya sangat mahal sekali,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Amri menilai, masih banyak masyarakat di kawasan Indonesia timur yang belum bisa menikmati manfaat dari sektor pariwisata. Keluhan-keluhan ini, kata dia, perlu menjadi perhatian Sandiaga agar lebih mengoptimalkan kawasan pariwisata di timur Indonesia.

“Saya juga mengusulkan mohon memperkuat wisata di kawasan timur, agar apa yang menjadi keluhan masyarakat di Indonesia timur ini tidak jadi keluhan di tahun berikutnya,” tuturnya.

Baca Juga: Jejak Lidya Rangkuti hingga Terpilih Jadi Runner up Putri Pariwisata

2. Fraksi PKS minta Sandiaga bangun pendekatan wisata religi

Ramai-ramai Komisi X Minta Sandiaga Bangun Wisata di Indonesia TimurMasjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, pada tahun ini membuka pelaksanaan salat Idul Fitri 1143 H. (IDN Times/Melani Putri)

Anggota DPR RI Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amalia, memandang perlunya membangun wisata religi di Indonesia. Menurutnya, wisata religi di Indonesia juga harus dipaketkan dengan wisata kuliner dan wisata alam terdekat untuk menarik lebih banyak peminat.

“Ketika misalnya wisata religi dengan pendekatan mengunjungi masjid, harus dipaketkan juga dengan wisata alam atau wisata kuliner dan sebagainya,” kata Ledia.

Kondisi itu diyakini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat daerah dan pendapatan negara dari sektor pariwisata.

“Jadi kita kalau ingin meningkatkan pendapatan kita dari parwisata tentu harus mengaitkan seluruhnya menjadi paket kesatuan,” tuturnya.

3. Fraksi Gerindra desak pengembangan wisata religi

Ramai-ramai Komisi X Minta Sandiaga Bangun Wisata di Indonesia TimurMakam Habib Husein dan H. Abdul Kadir di dalam Masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. (IDN Times/Melani Putri)

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Gerindra, Sodiq Mudjahid, meminta Sandiaga mulai mengembangkan wisata berbasis religi di Indonesia. Menurutnya , masyarakat banyak meminta fasilitas wisata berbasis religi di beberapa daerah.

Sodiq juga menyorot banyak potensi wisata religi di Indonesia yang belum terjamah oleh pemerintah. Dia optimistis pengembangan wisata religi bisa meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat dan daerah.

“Wisatanya itu selain tujuan-tujuan lain adalah religi, pak menteri. Tampaknya ini jadi pasar yang besar, wisata religi ini. Tapi tentu tujuan-tujuannya dan prosesnya harus diedukasi sehingga dengan wisata religi orang menjadi cerdas dan barokah,” tuturnya.

Baca Juga: Pariwisata Pulih! Bali Terima Hampir 6 Ribu Turis Asing dalam Sehari 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya