Respons Elite Gerindra soal Langkah Airlangga Bentuk Koalisi Parpol

Koalisi di tahun politik bukan hal yang aneh

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengapresiasi pembentukan koalisi tiga partai politik yang akan maju pada Pemilu 2024.

Koalisi tersebut dinamakan Indonesia Bersatu yang beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Apa pun yang dilakukan oleh Golkar, PAN, dan PPP patut kita apresiasi,” kata Dasco saat ditemui wartawan, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Rocky Gerung soal Penjajakan PPP, PAN, Golkar: Koalisi Apaan?

1. Dasco sebut koalisi partai politik hal yang biasa

Respons Elite Gerindra soal Langkah Airlangga Bentuk Koalisi ParpolKumpulan baliho para petinggi Parpol di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dasco mengatakan kemunculan koalisi Indonesia Bersatu merupakan hal yang biasa dalam negara demokrasi. Pimpinan DPR ini meminta setiap pihak tidak memperdebatkan koalisi yang dicetuskan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tersebut.

“Yang dilakukan oleh ketiga rekan Partai Golkar, PPP dan PAN itu saya rasa bukan hal yang perlu diperdebatkan, karena di alam demokrasi berkoalisi adalah sah-sah saja,” ujar dia.

2. Singgung langkah politik Airlangga

Respons Elite Gerindra soal Langkah Airlangga Bentuk Koalisi ParpolKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Dasco menyinggung terkait peran Airlangga dalam koalisi tersebut. Sebab, Airlangga yang membentuk koalisi tersebut, kini masih menjabat sebagai pembantu Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yakni Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia.

“Saya pikir langkah politiknya ini dilakukan mewakili parpolnya, sehingga tidak ada hubungannya dengan tugas kementerian dan tidak perlu diperdebatkan,” tutur dia.

Baca Juga: Kata Ahli Soal Sinyal Koalisi Golkar-PAN-PPP saat Isu Beringin Pecah

3. Pertemuan Golkar, PAN, dan PPP singgung koalisi

Respons Elite Gerindra soal Langkah Airlangga Bentuk Koalisi ParpolKetua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Dalam pertemuan ini, Airlangga berkelakar pohon beringin semakin disinari matahari akan tumbuh semakin kuat. Pohon beringin merupakan lambang partai Golkar, sementara matahari menjadi lambang PAN.

“Dengan matahari kehidupan bisa berjalan, terutama pohon beringin juga semakin tumbuh. Pertemuan ini juga merupakan pertemuan ridho Allah SWT,” ujar Airlangga di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Mei 2022.

Saat itu, ketiga parpol itu menyebut pertemuan tersebut dengan nama Bertiga Bersatu.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya