SDN Pondok Cina 1 Terlantar, PSI Tagih Tindakan Nadiem

SDN Pondok Cina 1 akan dihapus

Jakarta, IDN Times — Juru Bicara DPP PSI, Furqan AMC meminta Mendikbudristek Nadiem Makarim menangani masalah relokasi SDN Pondok Cina 1 Kota Depok.

Sebagai informasi, pemda sudah memulai pembangunan Masjid Agung di lahan SDN Pondok Cina 1. Sementara itu, relokasi peserta didik belum dilaksanakan sehingga masih melakukan kegiatan belajar mengajar.

“Jangan biarkan SDN Pondok Cina 1 Kota Depok terlantar,” kata Furqan dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Polemik SDN Pondok Cina 1, Wali Kota Depok: Jangan Dipolitisasi

1. Polemik SDN Pondok Cina 1 bisa ganggu psikologis siswa

SDN Pondok Cina 1 Terlantar, PSI Tagih Tindakan NadiemMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI (Dok.IDN Times/BKHumas Kemendikbud)

Menurut Furqan rencana pemerintah kota Depok untuk relokasi SDN Pondok Cina 1 telah menimbulkan polemik berkepanjangan dan beresiko terhadap kondisi psikologis siswa. Dia menjelaskan dalam beberapa hari terakhir, peserta didik hanya mendapat pendidik berlatar relawan.

"Sudah beberapa hari ini siswa SDN Pondok Cina 1 Kota Depok cuma diajar oleh para relawan, termasuk perwakilan orang tua siswa,” ungkapnya.

Baca Juga: Orang Tua Siswa SDN Pondok Cina 1 Datangi DPRD Kota Depok

2. Orang tua siswa kebingungan kegiatan belajar

SDN Pondok Cina 1 Terlantar, PSI Tagih Tindakan NadiemSiswa SDN Pondok Cina 1 membubuhkan tanda tangan sebagai permintaan penolakan relokasi SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Furqan mengatakan sebelumnya Plt Kepala UPTD SDN Pondok Cina 1 Sri Widayati meminta siswa tetap belajar di sekolah. Sementara itu kondisi di lapangan tak memungkinkan kegiatan belajar mengajar karena kekurangan fasilitas dan kekosongan tenaga pendidik.

“Ada kebingungan pada orang tua siswa karena surat pemberitahuan tersebut,” ucapnya.

"Seharusnya Pemkot Kota Depok menyiapkan terlebih dahulu gedung pengganti kalau mau relokasi, sehingga tidak membuat proses belajar mengajar terganggu" jelas Furqan.

Sementara itu hari Jumat lalu (11/11) DPRD Kota Depok sudah merekomendasikan agar Pemkot mengembalikan hak-hak siswa untuk bisa mengikuti pembelajaran di SDN Pondok Cina 1 Kota Depok. DPRD juga meminta seluruh sarana prasarana yang jadi hak peserta didik dikembalikan dan guru kembali mengajar.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pembangunan Trotoar SDN Pondok Cina Depok Yang Viral

3. SDN Pondok Cina 1 akan dihapus

SDN Pondok Cina 1 Terlantar, PSI Tagih Tindakan NadiemPetugas PUPR Kota Depok membuat tangga untuk menghubungkan trotoar Jalan Margonda menuju SDN Pondok Cina 1, Kecamatan Beji, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dinas Pendidikan Kota Depok tidak akan membangun gedung baru untuk SDN Pondok Cina 1. Dengan demikian SDN Pondok Cina 1 Depok akan dihapus.

Peserta didik SDN Pondok Cina 1 akan dilebur dengan sekolah lain yang wilayahnya berdekatan, yakni SDN Pondok Cina 3 dan 5.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya