Sepekan Safari Politik Prabowo: Didoakan Jadi Presiden RI 2024

Prabowo banyak menemui tokoh dalam safari politiknya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke berbagai tempat dan bertemu sejumlah tokoh dalam sepekan terakhir.

Safari politik itu dia lakukan memanfaatkan momentum libur Lebaran 2022. Kendati kuat kesan politis dalam berbagai kunjungan itu, Prabowo mengklaim tidak membicarakan politik. Kunjungan itu disebut hanya ajang silaturahmi semata.

“Tidak ada pembicaraan politik, kami hanya silaturahmi,” kata Sri Sultan Hamengkubowono X usai bertemu Prabowo di Keraton Yogyakarta, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Survei LSN: Prabowo Subianto Capres 2024 Paling Disukai

1.Prabowo temui Jokowi dan Megawati saat Lebaran

Sepekan Safari Politik Prabowo: Didoakan Jadi Presiden RI 2024IDN Times/Gregorius Aryodamar Pranandito

Safari politik pertama Prabowo di masa Lebaran ini yakni menemui Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Yogyakarta pada 2 Mei 2022.

Prabowo datang secara khusus dari Jakarta ke Yogyakarta untuk bersilaturahmi dengan Jokowi.

Setelah menemui Jokowi di Yogyakarta, Prabowo dan petinggi Gerindra lainnya kembali ke Jakarta untuk bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Dalam pertemuan itu, turut hadir anak-anak Megawati, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, tak ada pembahasan politik dalam pertemuan itu. Mereka disebut hanya membahas makanan.

“Ya ini semua ngobrol santai, karena suasana lebaran bermaaf-maafan jadi bicara hal-hal keseharian tentang makanan, kesehatan," ucap Hasto.

2. Safari politik Prabowo di Jawa Timur, didoakan mujur di 2024

Sepekan Safari Politik Prabowo: Didoakan Jadi Presiden RI 2024Prabowo saat berkunjung ke salah satu pondok pesantren di Jawa Timur. (Dok. Gerindra)

Sehari setelahnya, Prabowo diketahui melakukan kunjungan ke Jawa Timur. Pada 4 April lalu, Prabowo mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur.

Di sana, Prabowo disambut langsung oleh pimpinan Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

Prabowo juga mengunjungi makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Ponpes Tebuireng. Kepada media, Prabowo mengaku pernah menjadi tukang pijat Gus Dur.

Menteri Pertahanan ini juga mengunjungi Pondok Pesantren Walisongo, Situbondo, dan Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember.

Dalam kunjungan itu, Prabowo bertemu dengan Kiai Ahmad Muzaki Syaha, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, dan Kiai Kholil As’ad, pimpinan Pondok Pesantren Walisongo.

“Ya saya berkunjung untuk halal bihalal Lebaran ya, dan silaturahmi dengan sahabat lama saya,” kata Prabowo.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, mengatakan dalam pertemuan itu, Prabowo didoakan agar mujur dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Tadi Pak Prabowo didoakan oleh Kiai Kholil dan Kiai Muzaki, mendoakan Pak Prabowo selalu sehat, agar kemampuan serta niat-niat baik Beliau bisa dimuluskan untuk menjadi presiden pada Pilpres 2024," ujarnya.

Masih di Jawa Timur, Prabowo juga dikabarkan sempat menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi pada Selasa (3/5/2022).

Baca Juga: Riset CSIIS: Prabowo Subianto Dominasi Kandidat Capres dari TNI-Polri

3. Prabowo ke Jateng, didoakan jadi presiden

Sepekan Safari Politik Prabowo: Didoakan Jadi Presiden RI 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Setelah mengunjungi pimpinan pondok pesantren di Jawa Timur, Prabowo bertandang ke Pondok Pondok Pesantren Attauhidiyah Giren Talang, Tegal, Kamis (5/5/2022). Dalam kunjungan tersebut, Prabowo langsung bertemu pemimpin Pondok Pesantren (ponpes) KH Ahmad Saidi.

Kiai Ahmad juga mendoakan Prabowo agar diberikan kesehatan dan kekuatan untuk bisa menjadi pemimpin bangsa dan negara Indonesia.

Prabowo juga berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Anwar Rembang, Jawa Tengah. Kedatangan Prabowo disambut hangat oleh pimpinan ponpes, Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen. 

Dia kemudian dituntun masuk ke kamar Mbah Moen. Prabowo disebut-sebut tak kuasa membendung air mata mengenang perjumpaannya dengan almarhum Mbah Moen pada 2019 lalu.

“Pak Prabowo sempat meneteskan air mata saat berdoa di kamar. Saya bertanya kenapa? lantas Pak Prabowo menjawab, saya menganggap Mbah Moen seperti ayah saya sendiri," ungkap Gus Najih.

Baca Juga: Survei: Masyarakat Paling Puas dengan Kinerja Menhan Prabowo Subianto

4. Sowan ke Sultan Yogyakarta

Sepekan Safari Politik Prabowo: Didoakan Jadi Presiden RI 2024Prabowo saat bertemu dengan Sultan Yogyakarta. (Dok. Gerindra)

Terbaru pada Sabtu (7/4/2022), Prabowo mengunjungi kediaman Sri Sultan Hamengkubowono X. Prabowo mengaku kunjungan dengan kepala daerah itu diadakan untuk menjalin silaturahmi sekaligus halal bi halal Lebaran.

Dalam kunjungannya itu, Prabowo didampingi sejumlah petinggi Partai Gerindra dan sejumlah Purnawirawan Jenderal TNI. Setelah disambut oleh Sultan Yogya dan Istrinya, GKR Hemas, Prabowo dan rombongan langsung memasuki Keben, Keraton Yogyakarta.

Eks lawan Jokowi dalam Pilpres 2019 ini mengaku tak membicarakan masalah politik dengan Sri Sultan Hamengkubowono X. Dia mengaku kunjungannya sebatas bersilaturahmi dengan sahabat lama.

“Di hari libur ini saya mengisi kegiatan dengan kunjungan-kunjungan ke beberapa sahabat lama saya di Yogyakarta, salah satunya dengan Bapak Sultan dan Ibu Ratu Hemas," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis.

Selain bertemu Sultan Yogyakarta, Prabowo juga menemui eks Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Jenderal (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo yang tengah sakit.

Subagyo pernah menjadi komandan Prabowo di Kopassus pada 1994-1995 sebelum akhirnya posisi itu diduduki oleh Prabowo.

Saat bertemu dengan Prabowo, Subagyo menyinggung terkait Pemilu 2024. Menurutnya kans Prabowo untuk menjadi presiden di 2024 sangat kuat.

“Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang,” kata Subagyo.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya