Sohibul: Kedatangan PKS ke NasDem 22 Juni Masih Penjajakan Koalisi

Internal NasDem lebih pilih Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Rabu, 22 Juni 2022.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Sohibul Iman, mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan petinggi NasDem terkait pertemuan tersebut.

“Saya kira pembicaraan kita Rabu nanti tidak akan langsung (koalisi), ya tapi kita di PKS bakal menentukan koalisi,” kata Sohibul saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Presiden PKS: Partai Ini Tidak Dilahirkan oleh Jenderal atau Pengusaha

1. PKS bakal disambut Surya Paloh

Sohibul: Kedatangan PKS ke NasDem 22 Juni Masih Penjajakan KoalisiKetua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat ditemui wartawan di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Sohibul mengatakan kedatangan elite PKS ke kantor DPP NasDem di Gondangdia, Jakarta Pusat, rencananya akan disambut langsung Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

“Nanti disambut oleh Pak Surya Paloh pada Rabu siang,” ujarnya.

2. Bangun komunikasi dengan NasDem

Sohibul: Kedatangan PKS ke NasDem 22 Juni Masih Penjajakan KoalisiKetua Umum Nasdem Surya Paloh saat membuka acara Rakernas Nasdem di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Terkait tujuan kedatangan PKS ke NasDem Tower itu, Sohibul mengatakan, pihaknya bakal mencari persamaan visi misi dan persepsi antara PKS dan NasDem.

Hasil pembicaraan dengan petinggi NasDem itu, kemudian akan menjadi masukan PKS dan dibahas kembali Majelis Syura.

“Kalau setelah komunikasi dengan NasDem, substansinya ‘oh ternyata kondusif’ bisa jadi kami putuskan untuk berkoalisi dengan NasDem,” ujar Sohibul.

Baca Juga: PKS akan Sambangi NasDem pada Rabu Besok, Bahas Penjajakan Koalisi

3. Internal NasDem lebih pilih Anies Baswedan jadi capres 2024

Sohibul: Kedatangan PKS ke NasDem 22 Juni Masih Penjajakan KoalisiGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sohibul juga menyebut sebelumnya internal PKS lebih memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketimbang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, diusung dalam Pilpres 2024. Kendati, Majelis Syuro PKS telah memutuskan mengusung Salim Segaf sebagai capres 2024.

Sementara, NasDem sudah memutuskan tiga nama yang direkomendasikan sebagai bakal capres 2024. Tiga nama itu yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya