Surya Paloh Ungkap Isi Pembicaraan dengan Jokowi saat Makan Siang

Surya Paloh dan Jokowi bahas masalah ekonomi

Jakarta, IDN Times — Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkap isi pembicaraan dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Surya Paloh sebelumnya menghadiri pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara.

Surya Paloh mengatakan, sebelumnya dia makan siang bersama Jokowi dan beberapa menteri lain yang ikut menghadiri.

“Tadi makan siang, kan bukan hanya saya sendiri. Ada Mbak Megawati (Ketum PDIP), Mas Airlangga (Ketum Golkar), dan Mas Prabowo (Ketum Gerindra),” kata Surya Paloh, di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

1. Surya Paloh dan Jokowi bahas masalah ekonomi

Surya Paloh Ungkap Isi Pembicaraan dengan Jokowi saat Makan SiangPresiden Jokowi makan siang bareng Ketum Parpol Koalisi jelang reshuffle (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Surya Paloh mengatakan, pertemuannya bersama Jokowi membahas terkait masalah ekonomi. Beberapa hal yang dibahas mengenai utang negara dengan bank dunia (World Bank), efek pandemik COVID-19, hingga krisis pangan.

Dia juga menyinggung terkait dengan posisi Indonesia yang kemungkinan akan menjadi negara gagal karena utang yang menumpuk dan dampak pandemik. Namun menurutnya, jika melihat angka pertumbuhan ekonomi saat ini, Indonesia bisa keluar dari ancaman tersebut.

“Tapi kita bersyukur, Indonesia tidak masuk dalam daftar dari negara yang terancam seperti itu,” kata Paloh.

Baca Juga: Surya Paloh Jelang Rakernas NasDem: Jangan Terjebak Polarisasi

2. Jokowi sempat makan siang bersama ketum parpol

Surya Paloh Ungkap Isi Pembicaraan dengan Jokowi saat Makan SiangPresiden Jokowi makan siang bareng Ketum Parpol Koalisi jelang reshuffle (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi sempat makan siang bersama sejumlah ketua umum partai politik (parpol) yang menjadi koalisinya di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Melalui siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, pimpinan parpol yang ikut makan siang bersama Jokowi ada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Ada juga Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas).

Kecuali Megawati, semua ketua umum parpol termasuk Jokowi mengenakan kemeja putih. Di dada bagian kanan baju Jokowi, ada tulisan "Indonesia Maju".

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Siap Kurang, Tetap atau Tambah Kursi

3. Jokowi lakukan reshuffle kabinet

Surya Paloh Ungkap Isi Pembicaraan dengan Jokowi saat Makan SiangIDN Times/Margith Damanik

Jokowi sebelumnya secara resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

Zulhas dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi.

Sementara, Hadi akan menduduki jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

Pelantikan itu digelar di Istana Merdeka, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 64/B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Selain itu, ada tiga wakil menteri yang dilantik hari ini, yakni Afriansyah Noor sebagai Wakil Menaker, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN dan John Wempi Watimpo sebagai Wamendagri.

Raja Juli Antoni merupakan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sementara John Wempi Watimpo merupakan politikus dari PDIP.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya