Usai Rakernas Projo, Elektabilitas Ganjar Melesat Salip Prabowo-Anies 

Elektabilitas Ganjar naik usai sinyal dukungan dari Jokowi

Jakarta, IDN Times — Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada survei terbaru Charta Politika.

Survei bertajuk ‘Membaca Situasi Politik dan Konstelasi Elektoral Pasca Rakernas Projo’ ini dilakukan pada 25 Mei-2 Juni 2022 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error 2,83 persen.

Dalam survei itu, Ganjar menempati posisi pertama dengan elektabilitas mencapai 31,2 persen. Sementara Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 23,4 persen, dan Anies Baswedan 20 persen.

Baca Juga: Ganjar Berpeluang Diusung Partai Lain, PDIP Ingatkan Jangan Asal Bajak

1. Elektabilitas Ganjar naik pasca sinyal dukungan Jokowi di acara Projo

Usai Rakernas Projo, Elektabilitas Ganjar Melesat Salip Prabowo-Anies Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi (Facebook/Budi Arie Setiadi)

Direktur Ekesekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengungkapkan, naiknya elektabilitas Ganjar Pranowo sedikit banyak disebabkan karena sinyal dukungan dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo saat acara rakernas Projo. Sebelumnya elektabilitas Ganjar berada di posisi dua atau tiga, bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Tapi yang jelas saya bisa mengatakan pada momen pasca-Rakernas Projo, Ganjar Pranowo bisa dikatakan angkanya ada di atas 30 persen, bahkan di simulasi 10 nama, bisa dikatakan melesat cukup naik kalau kita nanti lihat data tren," kata Yunarto saat rilis survei Charta Politika Indonesia, Senin (13/6/2022).

Dalam survei elektabilitas 10 nama kandidat calon presiden, tiga nama yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies tetap berada dalam posisi tiga teratas dengan elektabilitas di atas 20 persen.

2. Terbentuk papan atas dan papan bawah capres potensial

Usai Rakernas Projo, Elektabilitas Ganjar Melesat Salip Prabowo-Anies IDN Times/Galih Persiana

Yunarto menilai, dalam surveinya kali ini telah terbentuk kelompok elektabilitas ‘papan atas’ dengan tingkat elektabilitas lebih dari 20 persen dan ‘papan tengah’ dengan tingkat elektabilitas di bawah 10 persen.

Tiga nama yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies berada di papan atas dengan elektabilitas 20 persen lebih. Sementara nama bakal capres lainnya berada di bawah 10 persen seperti Ridwan Kamil 4,6 persen dan Sandiaga Uno 3,6 persen.

Berikutnya ada Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen, Khofifah Indar Prawansa 2,9 persen, Erick Thohir 2,0 persen, Puan Maharani 1,8 persen, Airlangga Hartarto 1,2 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 6,1 persen.

“Di sini terlihat makin terbentuk papan atas dan papan tengah, memang papan atas dan papan tengah ini selisihnya jauh sekali dari 3 besar dengan nama lainnya,” kata Yunarto.

3. Rakernas Projo dihadiri Jokowi dan Ganjar

Usai Rakernas Projo, Elektabilitas Ganjar Melesat Salip Prabowo-Anies Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menghadiri rakernas ke-5 relawan Pro Jokowi di Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu, 21 Mei 2022. (www.instagram.com/@dr_moeldoko)

Sebagai informasi, Presiden Jokowi diketahui hadir dalam Rakernas V Projo di Magelang, Jawa Tengah, pada Mei lalu. Dalam acara loyalis Jokowi tersebut, Ganjar Pranowo juga turut hadir.

Terkait kabar dukungan Jokowi ke pihaknya, Ganjar mengaku tidak ingin terlalu percaya diri. Dia juga mengaku hadir di acara rakernas hanya untuk mendampingi giat Presiden Jokowi.

"Ya (kehadiran di rakernas) sebagai gubernur mendampingi (presiden), ojo GR-an (dengan isi pidato Jokowi)," kata Ganjar di UGM, Sleman, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Poltracking: Ganjar Ungguli Prabowo-Anies di Survei Capres 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya