Comscore Tracker

Tiba di Pontianak, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Disambut Isak Tangis

Ihsan Adhlan Hakim dan Agus Minarni penumpang #SJY182

Balikpapan, IDN Times - Isak tangis mewarnai kedatangan jenazah Ihsan Adhlan Hakim, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182, saat tiba di terminal VIP Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (16/1/2021). Jenazah pria berusia 33 tahun ini diterbangkan dengan maskapai Lion Air dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

"Hari ini ada dua jenazah yang dipulangkan. Kami dari pemerintah dan masyarakat Kalimantan Barat turut berbelasungkawa atas musibah ini. Kita berdoa mudah-mudahan, almarhum dan almarhumah yang menjadi korban ini mendapat tempat layak di sisi Allah SWT," ujar Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji saat sambutan serah terima jenazah kepada pihak keluarga.

Sutarmidji menegaskan pihaknya akan mengawal agar hak-hak ahli waris bisa terpenuhi sesuai ketentuan yang berlaku. "Yang menjadi hak-hak ahli waris akan kita pantau terus, supaya bisa terpenuhi secara cepat," kata dia.

Selain Ihsan Adhlan Hakim,  jenazah Agus Minarni juga diserahkan kepada keluarganya hari ini.

1. Ayah Ihsan bersyukur jenazah putra ketiganya telah tiba di rumah duka

Tiba di Pontianak, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Disambut Isak TangisGrafis jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor kode SJY 182. IDN Times/Arief Rahmat

Jenazah Ihsan kemudian dibawa keluarga ke rumah duka di Jalan Tabrani Ahmad, Gang Ikrar Nomor 41, Pontianak Barat, dikawal aparat. Tangis sanak saudara di rumah duka menyambut datangnya jenazah Ihsan.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan tibanya jenazah anak kami Ihsan Adhlan Hakim di rumah duka ini. Yang kita ketahui bersama, beliau adalah salah satu dari korban yang mendapat musibah kecelakaan pesawat Sriwijaya," kata ayah Ihsan, M Nasir.

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pencarian hingga mengantarkan jenazah sang putra ke rumah duka. Nasir juga mengharapkan agar kesalahan anaknya dimaafkan.

 "Kami mengharapkan doa semuanya semoga almarhum ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya. Mungkin anak kami selama masa hidupnya, bila ada kesalahan, mohon dimaafkan," ucapnya.

Baca Juga: Mau Ngunduh Mantu, Ihsan dan Istri Jadi Korban Sriwijaya Air SJY 182

2. Jenazah disalatkan di rumah duka dan masjid

Tiba di Pontianak, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Disambut Isak TangisIhsan Adhlan Hakim (tiga dari kiri) korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Di rumah duka, Ihsan disalatkan kemudian dilakukan kembali salat jenazah di Masjid Baitul Rahim. Ia dimakamkan di pemakaman umum Gang Hasanah.

Perlu diketahui, Ihsan dan istrinya, Putri Wahyuni Effendi (25) akan menggelar acara ngunduh mantu pernikahan mereka di Pontianak. Meskipun semua persiapan telah matang, takdir berkata lain. Mereka menjadi korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJY 182 pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Putri Wahyuni Effendi juga telah teridentifikasi tim DVI dan akan dimakamkan di Pekanbaru, Riau.

3. Agus Minarni dimakamkan di Kabupaten Mempawah

Tiba di Pontianak, 2 Jenazah Korban Sriwijaya Air Disambut Isak TangisSerah terima jenazah Agus Minarni dari Gubernur Kalbar Sutarmidji kepada pihak keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJY 182 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Satu lagi jenazah korban pesawat jatuh yang dipulangkan hari ini adalah Agus Minarni. Warga Mempawah, Kalimantan Barat ini menumpangi pesawat Sriwijaya Air SJY 182 bersama suaminya Muhammad Nur Kholifatul Amin yang merupakan ustaz di Pesantren Darussalam, Sengkubang, Mempawah.

Agus Minarni adalah guru SMA Negeri 1 Mempawah Hilir. Jenazah almarhumah diterbangkan dengan pesawat berbeda dengan jenazah Ihsan. Jenazah Agus Minarni tiba di Bandara Supadio pada pukul 16.05 WIB. Sementara sang suami hingga kini belum terindentifikasi.

"Banyak terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu pencarian sampai pengantaran anak kami ke tempat peristirahatan terakhir di Sengkubang, Mempawah Hiir, Kabupaten Mempawah," ujar paman almarhumah Agus Minarni, Jamiat. 

Seperti diketahui, Agus Minarni melayat mertuanya yang meninggal ke Jawa Timur beserta sang suami. Setelah itu, mereka menengok anak mereka yang berada di Pesantren Gontor. Saat mereka hendak pulang ke Kalimantan Barat, pada 9 Januari lalu, pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang mereka tumpangi mengalami musibah. 

Baca Juga: Agus Minarni Naik Sriwijaya Air SJY 182 Usai Melayat Mertua di Jatim

https://www.youtube.com/embed/q6AKGWBzMKw

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya