Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

4 kecamatan disiapkan untuk lokasi ibu kota baru

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengumumkan bahwa ibu kota negara yang baru berlokasi di Kalimantan Timur, tepatnya di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengumuman ini disampaikan di Istana Negara, Senin (26/8).

Nah, seperti apa profil singkat Penajam Paser Utara? Simak di sini ya

1. Berbatasan dengan Kutai Kartanegara

Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesiakaltimprov.go.id

Penajam Paser Utara (PPU) merupakan kabupaten di Kalimantan Timur, dengan ibu kota Penajam. Kabupaten PPU berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara yang nantinya kedua kabupaten ini akan menjadi lokasi ibu kota negara yang baru.

Kabupaten PPU ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Paser, dan menjadi kabupaten ketiga belas di Provinsi Kalimantan Timur.  Kabupaten ini disahkan melalui UU No. 7 tahun 2002 yang berisi tentang Pembentukan Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Dari Kota Balikpapan, kamu bisa menuju ke Penajam dengan menyeberang menggunakan kapal. Nantinya, jika dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara dapat lebih cepat melalui jalan darat jika Jembatan Pulau Balang sepanjang 1.750 meter sudah jadi. 

Baca Juga: Jika Kaltim Jadi Ibu Kota Baru, Izin Tambang Tahura Bakal Ditertibkan

2. Lahan datar dan luas serta jauh dari bencana

Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru IndonesiaWikipedia/Arief Rahman Saan (Ezagren)

Luas wilayah kabupaten ini 3.333 km persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 190 ribu jiwa. Penduduk kabupaten ini berasal dari berbagai suku, tapi terutama suku Jawa, Bugis, Banjar, Nusa Tenggara, Dayak Paser, Sumatera, dan Maluku.

Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud mengatakan, pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan lahan sesuai kebutuhan ibu kota baru. Keunggulan PPU sehingga dipilih menjadi ibu kota negara karena memiliki lahan datar dan luas, dan bukan lokasi yang potensial bencana.

3. Sebanyak 4 kecamatan disiapkan menjadi ibu kota

Penajam Paser Utara, Lokasi Ibu Kota Baru IndonesiaIDN Times/Maulana

Menurut Abdul Gafur, ada 4 kecamatan yang disiapkan menjadi ibu kota negara yang baru, yakni kecamatan Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku.  

Secara ekonomi, kawasan PPU memiliki sumber daya perikanan karena letaknya yang dekat dengan Teluk Balikpapan dan berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Juga kaya akan hasil hutan, pertambangan, peternakan, dan perkebunan.

Baca Juga: Penajam Paser Utara Siap Jadi Lokasi Ibu Kota Baru

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya