Presiden Bakal Resmikan Jalan Tol Balsam dan Meninjau Ibu Kota Baru 

Agenda kunjungan Jokowi ke Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berkunjung ke Kalimantan Timur pada 17 dan 18 Desember 2019 ini. Sejumlah agenda telah menanti untuk dilaksanakan. 

Menurut jadwal yang diterima IDN Times, Presiden Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Balikpapan Samarinda, pada Selasa, 17 Desember 2019 besok. Jalan Tol Balikpapan- Samarinda yang akan diresmikan adalah Seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66 kilometer. 

1. Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Balsam

Presiden Bakal Resmikan Jalan Tol Balsam dan Meninjau Ibu Kota Baru Dok.IDN Times/Istimewa

Presiden dijadwalkan terbang dari Jakarta menuju ke Balikpapan pada sekitar pukul 7.30 WIB pagi dan akan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Setelah itu Jokowi akan langsung menuju ke tempat peresmian Jalan Tol Balsam. 

Acara peresmian Jalan Tol Balsam diperkirakan akan dimulai pukul 11.00 Wita di Gerbang Tol Samboja, Kilometer 38. Peresmian akan dilakukan dengan penekanan tombol oleh Presiden, dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Setelah itu presiden juga akan meninjau jalan tol.

Jalan Tol Balsam ini dibangun dengan nilai investasi Rp9,9 triliun. Baru  66 kilometer jalan tol yang diresmikan dari total panjang jalan tol 99,35 kilometer. Jalan tol belum selesai dibangun karena ada ruas yang mengalami tanah bergerak sehingga memerlukan penanganan khusus. Jalan Tol Balsam ini direncanakan akan beroperasi penuh sebelum Lebaran 2020.

Baca Juga: Menteri PUPR Tinjau Jalan Tol Balsam, Progres Terhambat Tanah Bergerak

2. Presiden Jokowi akan meninjau lokasi IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara

Presiden Bakal Resmikan Jalan Tol Balsam dan Meninjau Ibu Kota Baru Menara Pemantau Api di Bukit Soedharmono, Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi kawasan IKN (IDN Times/Mela Hapsari)

Setelah Peresmian Jalan Tol Balsam, Presiden Jokowi akan meninjau ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, tepatnya di kawasan konsesi PT ITCI Hutani Manunggal.

Hingga saat ini pemerintah belum mengumumkan koordinat titik nol untuk pembangunan pusat ibu kota. Namun diperkirakan pada lahan datar konsesi PT ITCI, Kecamatan Sepaku inilah akan dibangun pusat ibu kota. Sementara untuk pengembangan IKN direncanakan bakal dibangun di kawasan Kabupaten Kutai Kartanegara.

3. Presiden Jokowi akan meresmikan TPA Manggar

Presiden Bakal Resmikan Jalan Tol Balsam dan Meninjau Ibu Kota Baru TPA Manggar, Balikpapan (dlh.balikpapan.go.id)

Agenda berikutnya, pada tanggal 18 Desember 2019 Presiden Jokowi direncanakan meresmikan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Manggar.

TPA Manggar merupakan fasilitas pembuangan sampah milik Pemkot Balikpapan dengan luas lahan 27,1 hektare. Lokasinya ada di  Jalan Proklamasi, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Besok

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya