Comscore Tracker

Jokowi Akan Resmikan Tol Balsam dan Tinjau Ibu Kota Baru Hari Ini

Jokowi berkunjung ke Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berkunjung ke Kalimantan Timur pada 17 dan 18 Desember 2019. Sejumlah agenda pun telah menanti, mulai dari peresmian Tol Balsam, meninjau lokasi ibu kota negara (IKN), hingga meresmikan TPA Manggar. 

Menurut jadwal yang diterima IDN Times, Presiden Jokowi akan meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) pada Selasa (17/12). Tol Balsam yang akan diresmikan adalah Seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 66 kilometer. 

1. Jokowi akan meresmikan Tol Balsam

Jokowi Akan Resmikan Tol Balsam dan Tinjau Ibu Kota Baru Hari IniDok.IDN Times/Istimewa

Presiden dijadwalkan terbang dari Jakarta menuju ke Balikpapan sekitar pukul 7.30 WIB dan akan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Setelah itu, Jokowi langsung menuju ke tempat peresmian Tol Balsam. 

Acara peresmian Tol Balsam diperkirakan akan dimulai pukul 11.00 Wita di Gerbang Tol Samboja, Kilometer 38. Peresmian akan dilakukan dengan penekanan tombol, dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. Presiden juga akan meninjau kondisi tol.

Tol Balsam dibangun dengan nilai investasi Rp9,9 triliun. Baru 66 kilometer yang baru beroperasi, dari total 99,35 kilometer. Tol Balasam belum selesai dibangun karena ada ruas yang mengalami tanah bergerak, sehingga memerlukan penanganan khusus. Tol Balsam direncanakan beroperasi penuh sebelum Lebaran 2020.

Baca Juga: Menteri PUPR Tinjau Jalan Tol Balsam, Progres Terhambat Tanah Bergerak

2. Presiden Jokowi akan meninjau lokasi IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara

Jokowi Akan Resmikan Tol Balsam dan Tinjau Ibu Kota Baru Hari IniMenara Pemantau Api di Bukit Soedharmono, Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi kawasan IKN. (IDN Times/Mela Hapsari)

Setelah meresmikan sebagian Tol Balsam, Presiden Jokowi akan meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, tepatnya di kawasan konsesi PT ITCI Hutani Manunggal.

Hingga kini pemerintah belum mengumumkan koordinat titik nol untuk pembangunan pusat ibu kota baru. Namun diperkirakan di lahan datar konsesi PT ITCI, Kecamatan Sepaku inilah akan dibangun pusat ibu kota. Sementara, pengembangan IKN direncanakan dibangun di kawasan Kabupaten Kutai Kartanegara.

3. Presiden Jokowi akan meresmikan TPA Manggar

Jokowi Akan Resmikan Tol Balsam dan Tinjau Ibu Kota Baru Hari IniTPA Manggar, Balikpapan. (dlh.balikpapan.go.id)

Agenda berikutnya, Presiden Jokowi akan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar pada 18 Desember 2019.

TPA Manggar merupakan fasilitas pembuangan sampah milik Pemkot Balikpapan seluas 27,1 hektare. Lokasi tersebut berada di Jalan Proklamasi, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Besok

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya