Comscore Tracker

Pemilu Berjalan Lancar, Prabowo-Sandi Unggul di TPS 12 Medan

#1000MillenialsKawalPemilu Kalau TPS kamu siapa yang unggul?

Medan, IDN Times - Hari ini (17/04) adalah momen pesta demokrasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk pertama kalinya masyarakat Indonesia menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden dan anggota legislatif secara bersamaan.

Nah, kali ini penulis berkesempatan untuk meliput suasana pemilu di TPS 12 Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara. Seperti apa suasana pemilihan hingga penghitungan suara di TPS 12 ini? Yuk simak ulasan liputannya di bawah ini.

1. Suasana TPS tetap kondusif meski berada di tempat keramaian

Pemilu Berjalan Lancar, Prabowo-Sandi Unggul di TPS 12 MedanDok. Pribadi/Mia Lubis

TPS 12 yang berada di Jl. Prof. H. M. Yamin dibuka sejak pukul 07.00 WIB. Meski begitu, para pemilih mulai ramai mendatangi TPS sekitar pukul 11.00 WIB. Meski berlokasi di dekat jalan besar dan sedikit terganggu dengan suara kendaraan yang berlalu lalang, kondisi TPS 12 tetap terpantau aman dan kondustif.

TPS yang memiliki 4 bilik suara ini tak mengusung konsep dekorasi khusus seperti TPS lainnya. Hanya ada dekorasi sederhana dengan teratak, tulisan penanda nomor TPS dan penunjuk arah antrian pemilih. Di saat akan memasuki TPS, pemilih akan melewati meja pendaftaran sebagai tempat untuk menyerahkan surat undangan memilih maupun e-ktp.

Setelah itu, pemilih akan diarahkan untuk menunggu nomor antrian memilih. Panitia pemilu di TPS 12 begitu sigap dalam mengarahkan dan membantu pemilih yang kebingungan, terutama saat akan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara yang berbeda-beda.

2. Tak peduli jarak yang harus ditempuh dari rumahnya ke TPS, pemilih ini begitu antusias menyuarakan hak pilihnya

Pemilu Berjalan Lancar, Prabowo-Sandi Unggul di TPS 12 MedanDok. Pribadi/Mia Lubis

Kesadaran politik begitu melekat pada Bu Ainul Mardiah (44 tahun), ia beserta keluarga berbondong-bondong datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya. Meski dihadapi dengan cuaca terik dan menempuh perjalanan yang jauh untuk sampai ke TPS, ia tak patah semangat dan tetap memilih untuk tidak golput.

Bu Ainul menceritakan bahwa dulunya ia merupakan warga Kecamatan Medan Perjuangan, tetapi ia sudah pindah rumah dan masih menggunakan KTP yang lama. Menurutnya, dalam hidup ada hak dan kewajiban, sebagai masyarakat Indonesia adalah kewajiban kita untuk memilih demi menentukan nasib kita sendiri kedepannya.

"Hidup ini kan ada hak dan kewajiban. Kalau memilih itu kewajiban kita. Suara kita akan menentukan nasib kita." ungkapnya.

Wanita yang berprofesi sebagai guru madrasah ini juga berharap agar siapa pun pemimpin yang terpilih nantinya dapat memberi perhatian lebih pada isu pemerataan pendidikan, fasilitas kesehatan serta kestabilan harga sembako yang dapat dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga: Dikunjungi Gubernur, TPS 1 Madras Hulu Catat Kemenangan Jokowi 

3. Dari total 245 pemilih yang terdaftar, hanya 160 pemilih yang memberikan hak pilihnya

Pemilu Berjalan Lancar, Prabowo-Sandi Unggul di TPS 12 MedanDok. Pribadi/Mia Lubis

Meski beberapa masyarakat tampak antusias untuk memilih, tetap saja masih ada masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya. Dari total 245 Daftar Pemilih Tetap (DPT), hanya 147 orang yang datang untuk menyoblos serta tambahan pemilih yang menggunakan e-ktp berjumlah 13 orang.

Adapun pemilih yang menggunakan E-KTP merupakan pemilih yang tidak mendapatkan surat undangan memilih. Sehingga total keseluruhan pemilih di TPS 12 adalah 160 orang. Jika melihat DPT, masyarakat yang mendapatkan sebaran surat undangan memilih sejumlah 245 orang, artinya masih ada 85 orang lagi yang tidak memberikan hak suaranya (golput).

Namun, di sisi lain masyarakat yang tak mendapat surat undangan memilih terlihat tetap antusias untuk memilih dengan menggunakan e-ktp. Meski hanya dibatasi waktu sekitar 1 jam untuk memilih yakni pukul 12.00-13.00 WIB.

4. Paslon 02, Prabowo-Sandi unggul di TPS 12 Medan Perjuangan

Pemilu Berjalan Lancar, Prabowo-Sandi Unggul di TPS 12 MedanDok.Pribadi/Mia Lubis

Penghitungan surat suara di TPS 12 berlangsung sangat hati-hati. Surat suara hanya dibuka dan dibacakan oleh ketua TPS serta disaksikan oleh 8 orang saksi, perwakilan bawaslu, dan masyarakat sekitar.

Penghitungan suara dimulai pukul 16.00 dengan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden. Di TPS 12 Medan Perjuangan, Paslon 02 Prabowo-Sandi mengungguli dengan 119 perolehan suara serta Jokowi-Ma'ruf hanya memperoleh 40 dukungan suara. Sementara itu, terdapat 1 surat suara yang rusak dan tidak sah.

Itulah tadi hasil liputan suasana hingga hasil pemungutan suara di TPS 12 Medan Perjuangan. Semoga siapapun pemimpin yang terpilih nantinya dapat amanah dalam menjalankan visi dan misinya untuk membangun dan memajukan bangsa Indonesia ya.

Baca Juga: Pemilu di Deli Serdang Sumut, Silahturahmi dalam Bingkai Demokrasi

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: mriantilubis@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya