Ada Wacana Larangan Pakai Motor Matic di Jalur Ekstrem Cangar-Pacet

KNKT juga minta Google Maps menandai jalur ekstrem

Mojokarto, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan rem blong hampir tiap Minggu langganan terjadi di jalur alternatif Cangar Pacet - Batu, Jawa Timur. Untuk itu Dishub Jatim bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mewacanakan larangan untuk motor jenis matic melintas di jalan tersebut.

1. Wacanakan larangan Motor Matic naik ke jalur Cangar-Pacet.

Ada Wacana Larangan Pakai Motor Matic di Jalur Ekstrem Cangar-PacetDishub dan KNKT Saat melakukan pengecekan di jalur cangar

PLT Kepala UPT P3 LLAJ Mojokerto Dishub Prov Jatim, Yoyok Kristyowahono saat dikonfirmasi mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi dan juga pengecekan jalur bersama KNKT dan Pemerintah Kota Batu, Polres Mojokerto pada Sabtu (16/10/2021) kemarin, terdapat beberapa hal yang menjadi catatan.

Salah satunya, akan ada wacana larangan kendaraan motor matic melintas di jalur ini. Hal itu berdasarkan kerapnya insiden kecelakaan para pengendara akibat rem blong, khususnya kendaraan jenis matic. Bahkan tak jarang mengakibatkan adanya korban jiwa.

"Khususnya yang melaju turun, itu yang paling bahaya, maksudnya bukan dilarang tapi diimbau untuk tidak melintas pada turunan jalan tersebut," ungkapnya, Minggu (17/10/2021). 

Baca Juga: Belum Sebulan, 25 Kecelakaan Terjadi di Jalur Cangar-Pacet Mojokerto

2. Wacanakan buat jalan alternatif yang lebih landai

Ada Wacana Larangan Pakai Motor Matic di Jalur Ekstrem Cangar-PacetPetugas saat melakukan pengecekan jalur Cangar. IDN Times

Meski demikian, dengan adanya wacana ini dirinya bersama instansi terkait juga merancang dan mewacanakan akan dibangun jalan alternatif lain yang nantinya bisa dilintasi kendaraan yang melintas turun tentunya yang lebih memungkinkan. 

"Kita tak semena-mena dalam hal ini, kita melarang juga akan memberikan solusi, terlebih di sepanjang jalan Cangar ini kan banyak UMKM yang juga harus dipikiran," jelas.

3. KNKT imbau pabrikan motor bikin teknologi Engine Brake

Ada Wacana Larangan Pakai Motor Matic di Jalur Ekstrem Cangar-Pacetjalur Cangar. IDN Times /Dok Fad

Yoyok juga menyampaikan bahwa Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, telah memberikan masukan terhadap perusahaan sepeda motor khususnya yang memproduksi motor matic atau ATPM yang membawahi asosiasi pabrik motor agar merubah atau menambahkan kecangihan kendaraan khusus mengatasi lintasan di turunan. 

"Beliau juga memberikan masukan kepada pihak-pihak lain yang membuat sepeda motor, agar memperbaiki lagi atau menambahkan fitur di motor matik seperti motor-motor biasa yang ada koplingnya. Sehingga, ada fungsi engine brake, entah teknologinya seperti apa agar lebih aman saat melintas di jalur tanjakan maupun turunan," bebernya.

4. Beri masukan kepada pihak Google Maps untuk beri tanda khusus di jalur ekstrim

Ada Wacana Larangan Pakai Motor Matic di Jalur Ekstrem Cangar-Pacetpetugas saat melakukan pengecekan.IDN Times/ Dok Dishub

Selain itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meminta pihak Google Maps agar memberi tanda khusus terhadap jalur-jalur ekstrim, khususnya jalur ekstrim seperti di jalur Cangar Pacet-Batu Malang.

Berdasarkan data yang ada, hampir tiap Minggu jalur ektrim Cangar Pacet-Batu ramai dilintasi pengendara atau wisatawan. Ramainya kendaraan yang melintas juga banyak menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang banyak diakibatkan karena rem blong. 

"Dari hasil laporan maupun banyak video yang beredar itu memang yang mengalami kecelakaan akibat remblong rata rata-rata kendaraan metik," terangnya.

Penyebab dari terjadinya kecelakaan akibat rem blong, menurut dia disebabkan beberapa hal. Diantaranya banyak penguna kendaraan tak hafal medan, kendaraan kurang prima hingga banyak yang kurang memahami cara berkendara saat menurun di jalur ekstrim.

"Diimbau bagi masyarakat, kalau melintas di jalan ini kendaraan harus benar bener di cek dulu, dan tau cara bagaimana melintas di jalur ekstrim seperti ini," katanya.

Baca Juga: Rem Blong, Ibu-Anak Tabrak Pembatas Jalan Cangar

Moch Fad Photo Verified Writer Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya