Comscore Tracker

Percikan Api Mesin Pompa Air Memicu Ledakan LPG di Mojokerto

Selalu cek bila tak mau kejadian serupa

Mojokerto, IDN Times - Ledakan hebat yang menyebabkan seisi rumah hancur di jalan raya Karyawan Baru, Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto berasal dari tabung gas bocor yang terpicu percikan api dari arus pendek mesin pompa air.

1. Berawal dari percikan api mesin pompa air yang tiap jam menyala

Percikan Api Mesin Pompa Air Memicu Ledakan LPG di MojokertoKondisi rumah usai terjadi ledakan. IDN Times/Fad

Hal itu disebutkan Kasatreskrim Polresta Mojokerto Iptu Hari, dia berujar ledakan hebat yang terjadi di rumah milik Oentoro Wibowo (75) diduga terjadi akibat kebocoran tabung LPG 12 Kg.

Diantaranya, hal yang memicu terjadinya ledakan selain kebocoram tabung gas yakni adanya percikan api di mesin otomatis pompa air. 

"Berkaitan dengan kejadian tadi pagi di Jalan Karyawan Baru. Hasil yang didapat dari tim, ledakan ini bersumber dari tabung kebocoran LPG yang dipicu percikan api otomatis sanyo pompa air. Tiap satu jam kata anaknya sanyo nyetek (menyala, Red). Nah, ada picuan dari switch presure alat otomatis pompa air yang mengeluarkan percikan api," sebutnya.

Baca Juga: Ledakan Hebat Hancurkan Rumah di Mojokerto

2. Terjadi dua kali ledakan

Percikan Api Mesin Pompa Air Memicu Ledakan LPG di MojokertoKondisi rumah usai terjadi ledakan. IDN Times/Fad

Sementara, tidak jauh dari lokasi terdapat gas elpiji Bright Gas berwarna merah muda dengan isi 12 kilogram itu berada tak jauh dari alat pompa air.

"Kisaran hanya satu meter saja jaraknya antar tabung gas dengan mesin air. Sehingga, kebocoran yang terpantik api memicu terjadinya ledakan hebat," terangnya.

Dia berujar, akibat kebocoran tabung elpiji tersebut, mengakibatkan 2 kali ledakan. Ledakan pertama terdengar keras. Sedangkan ledakan kedua tidak begitu keras. Ditambah ruangan yang tertutup memperparah kejadian itu.

3. Polisi amankan tabung gas dan kompor 

Percikan Api Mesin Pompa Air Memicu Ledakan LPG di MojokertoKondisi rumah usai terjadi ledakan. IDN Times/Fad

Imbas lain, setidaknya beberapa bagian rumah rusak, mulai dinding dapur, kaca jendela rumah, atap plafon jebol dan rusak di beberapa sudut, dan pintu rusak bahkan terpental hingga kurang lebih lima meter ke arah selatan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, meski saat kejadian pemilik rumah tengah berada di dalam rumah saat terjadi ledakan

"Pemilik rumah saat kejadian memang berada di dalam, tapi semua selamat," tambahnya.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, dari hasil olah TKP yang dilakukan bersama Labfor Polda Jatim, polisi mengamankan satu tabung gas elpiji Bright Gas 12 kilogram, selang, nis regulator, dan kompor gas.

"Kita amankan dulu, kondisi selang, dan nis regulatornya utuh. Saat diamankan, tabung gas masih berisi," ujarnya.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, dari hasil olah TKP polisi mengamankan satu tabung gas elpiji Bright Gas 12 kilogram, selang, nis regulator, dan kompor gas.

"Kita amankan dulu, kondisi selang, dan nis regulatornya utuh. Saat diamankan, tabung gas masih berisi," tandasnya.

Baca Juga: Ledakan di Mojokerto Dipastikan Elpiji, Begini Kronologinya

Moch Fad Photo Verified Writer Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya