Sepesialis Curanmor Lintas Kota Diringkus di Mojokerto

Mengaku terhimpit ekonomi dan hutang

Mojokerto, IDN Times - Buasil alias Iwan (42) sepesialis pencuri motor dibekuk tim Resmob Satreskrim Polres Mojokerto, Jumat (13/08/2021). Menyusul aksinya melakukan aksi pencurian motor antar Kabupaten terbongkar. 

Pelaku yang diketahui berasal dari Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan ini di bekuk Tim Resmob Satya Haprabu Polres Mojokerto saat bersaksi di kawasan Dlanggu,  Kabupaten Mojokerto. Sementara dua pelaku lain masih dalam pengejaran.

1. Terungkap setelah terekam CCTV

Sepesialis Curanmor Lintas Kota Diringkus di MojokertoBarang bukti. IDN Times/ Moch Fad

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander mengatakan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan setelah aksi pelaku terekam CCTV disalah satu minimarket di Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

"Setelah ada laporan tim Satya Haprabu Polres Mojokerto langsung bergerak melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil meringkus pelaku saat akan beraksi di pasar buah Mojosari," ungkap Dony, Jumat (13/08/2021).

Baca Juga: Dosen di Mojokerto Sulap Lahan Jadi Hamparan Bunga Matahari

2. Beraksi antar kabupaten jual motor dengan harga Rp3 juta

Sepesialis Curanmor Lintas Kota Diringkus di MojokertoPelaku mempraktekkan curanmor. IDN Times/Moch Fad

Dari hasil interogasi maupun pemeriksaan rupanya pelaku sudah beraksi di berbagai tempat antar Kabupaten, yakni Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo hingga Gresik. Hal tersebut juga diketahui dari barang bukti yang berhasil diamankan petugas.

Setidaknya petugas berhasil mengamankan tujuh unit sepeda motor dari rumah penadah motor yang kini dalam pengejaran. Dua motor diantaranya merupakan milik warga asal Mojosari dan Pacet.

Dalam aksinya, pelaku berperan sebagai eksekutor sementara dua orang yang kini masih dalam pengejaran berperan sebagai pencari sasaran juga penadah.

"Dia tak sendiri setiap melakukan aksinya, beraksi bersama satu pelaku lain yang kini masih dalam pengembangan," paparnya.

Setiap aksinya, lanjut Dony pelaku mencari sasaran dengan cara acak dan bermodalkan kucin T yang sudah dirancang oleh pelaku. Usai berhasil pelaku lantas menjual kepada seorang penada dengan harga 3 juta per unit.

"Ini masih kita kembangkan lagi, sebab masih ada dua DPO lagi. Karena saat akan kita amankan dua DPO ini mencium keberadaan petugas dan langsung melarikan diri," bebernya.

Dari penangkapan Buasil alias Iwan petugas berhasil mengamankan tuju unit motor hasil pencurian, kunci T uang tunai dan helm yang sesuai dengan yang digunakan pelaku saat beraksi.

Buasil sendiri diketahui merupakan seorang residivis dalam aksi serupa. "Pelaku ini  residivis dalam aksi serupa dan pernah dintahan di Kabupaten Mojokerto" tegasnya.

3. Sasar tujuh motor milik para petani di sawah

Sepesialis Curanmor Lintas Kota Diringkus di MojokertoPelaku Buasil.IDN Times/Moch Fad

Sementara itu, Buasil mengaku nekat melakukan aksinya dengan alsan keterbatasan ekonomi untuk menghidupi istri dan dua anaknya serta terlilit hutang. 

Kemudian menjual hasil motor curian dengan harga 3 juta kepada salah satu rekannya. " Satu motor saya jual dengan harga 3 juta," tegas Iwan. 

Dia juga mengaku sudah sudah tujuh kali melakukan aksi pencurian di wilayah Mojokerto dengan sasaran rata rata diarea persawahan.

"Sasaran rata rata di area persawahan sudah tuju kali di Kabupaten Mojokerto," tandasnya.

Akibat perbuatannya pelaku dikenakan dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Baca Juga: 5 Desa di Mojokerto Kekeringan, 590 Tangki Air Disiapkan

Moch Fad Photo Verified Writer Moch Fad

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya