Comscore Tracker

4000 Vaksin COVID-19 Akan Tiba di Banyuwangi Besok 

Jumlah vaksin belum mencukupi total Nakes

Banyuwangi, IDN Times - Sekitar 4000 dosis vaksin Sinovac COVID-19 dijadwalkan tiba dari Surabaya ke Banyuwangi pada besok Selasa (26/1/2021). Sesampai di Banyuwangi, vaksin akan disimpan di Dinas Kesehatan. Selanjutnya mulai, Rabu (27/1/2021), akan mulai dilakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan.

"Vaksin akan dikirim dari Surabaya ke Banyuwangi dengan pengawalan ketat dari Polda Jawa Timur. Dijadwalkan tiba besok siang," ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. Widji Lestariono, Senin (25/1/2021).

1. Ada 49 fasilitas kesehatan yang akan melayani vaksinasi

4000 Vaksin COVID-19 Akan Tiba di Banyuwangi Besok Sopir logistik saat menjalani program rapid-test gratis di kawasan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Widji mengatakan, di Banyuwangi terdapat 49 faskes yang akan melayani vaksinasi. Sebanyak 45 di antaranya Puskesmas, kemudian dua rumah sakit daerah, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Banyuwangi, dan klinik kesehatan Polresta Banyuwangi.

"Untuk jadwal dan lokasi tenaga kesehatan yang akan dilakukan vaksinasi, telah diatur menggunakan aplikasi. Semua sudah diatur by name by addres, dan hari apa diberikan vaksin. Puskesmas dan vaksinator sudah siap semua," kata Widji.

2. Jumlah vaksin lebih sedikit dibanding Nakes

4000 Vaksin COVID-19 Akan Tiba di Banyuwangi Besok Ilustrasi Bobroknya Kesehatan di Indonesia (IDN Times/Sukma Shakti)

Para peserta penerima vaksin, katanya, bakal menjalani vaksinasi di Faskes terdekat dengan rumahnya. Setiap Puskesmas dapat melayani vaksinasi dalam dua tahap, masing-masing vaksinasi untuk 20 orang. Dari sekitar 4000 vaksin yang didapat, belum mencukupi total tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 6000 orang.

"Sesuai petunjuk pemerintah pusat, tenaga kesehatan akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin. Dari data kami, total tenaga kesehatan se-Banyuwangi ada 6.349 orang," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Vaksinasi COVID-19 Selesai dalam Setahun

3. Penerima vaksin pertama tidak hanya tenaga kesehatan 

4000 Vaksin COVID-19 Akan Tiba di Banyuwangi Besok Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sasaran penerima vaksin terdiri atas semua tenaga kesehatan dan karyawan yang bekerja di fasilitas kesehatan setingkat Puskesmas, rumah sakit daerah, swasta, klinik swasta hingga yang bekerja di apotek. 

“Tiap Faskes sudah kami minta menyiapkan ruangan yang memadai, APD dan bahan medis habis pakai seperti spet, kapas dan alkohol," ujarnya.

Tidak hanya tenaga kesehatan, sejumlah pejabat, polisi, TNI dan tokoh masyarakat bakal mendapatkan jatah vaksin. Di antaranya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wakil Bupati Yusuf Widiyatmoko, serta jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) mulai dari Kapolresta, Dandim, Danlanal, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Forum Komunikasi Umat Agama (FKUB). Semua akan menerima vaksin di Pendopo Banyuwangi pada Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Pesinauanan, Sekolah Adat di Banyuwangi untuk Merawat Kearifan Lokal

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya