Comscore Tracker

Jember Siapkan Tenda Darurat hingga Hotel untuk pasien COVID-19

Hanya dua kecamatan yang termasuk dalam zona oranye

Jember, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan tempat isolasi terpusat di hotel, tenda darurat dan gedung olahraga Jember Sport Garden (JSG) untuk pasien isolasi COVID-19. Selain itu, mereka juga memasang tenda darurat di empat rumah sakit karena meningkatnya jumlah pasien COVID-19.

1. Total kapasitas tambahan mencapai 126 tempat tidur yang sudah siap

Jember Siapkan Tenda Darurat hingga Hotel untuk pasien COVID-19Bupati Jember Hendy Siswanto. IDN Times/Istimewa

Tempat isolasi mandiri terpusat yang sudah siap, yakni Hotel Kebonagung dengan kapasitas 126 orang.

"Ada 33 kamar yang masing-masing akan dihuni dua orang pasien. Untuk penambahannya, Pemkab Jember juga memasang tenda darurat sebanyak 3 unit dengan kapasitas masing-masing tenda berisi 20 orang. Total akan ada 126 orang pasien COVID-19 yang bisa ditampung di Hotel Kebon Agung," ujar Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (26/7/2021).

Selain hotel, Hendy juga sedang menyiapkan gedung JSG di Ajung sebagai lokasi isoman terpusat yang dapat menampung kurang lebih 300 orang pasien COVID-19. 

"Saya juga minta OPD terkait dapat segera memenuhi fasilitas yang diperlukan, seperti jaminan penyediaan makan 3 kali sehari, obat-obatan, tenaga kesehatan dan fasilitas medis lainnya," terangnya.

2. Tiap desa wajib siapkan tempat isolasi

Jember Siapkan Tenda Darurat hingga Hotel untuk pasien COVID-19Ilustrasi Lemas (IDN Times/Mardya Shakti)

Hendy mengatakan, saat ini hanya ada 2 kecamatan di Jember yang menjadi zona oranye, lainnya merah. Untuk langkah selanjutnya, pihaknya menyiapkan posko COVID-19 di seluruh desa sejumlah 248 desa,

"Dimana setiap desa wajib menyediakan minimal 5 tempat tidur untuk isolasi mandiri. Kami juga menyiapkan tenda darurat untuk tambahan tempat tidur di beberapa rumah sakit di antaranya RSD. dr. Soebandi, Balung, Kalisat dan RS. Paru,” jelasnya.

Baca Juga: Kasus Kematian Tinggi, Bupati Jember Minta RT-RW Pantau Warganya 

3. Pemkab juga genjot vaksinasi dan beri bantuan tunai

Jember Siapkan Tenda Darurat hingga Hotel untuk pasien COVID-19Ilustrasi Flu (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain tempat tidur, Pemkab juga menggenjot upaya vaksinasi. Saat ini, kata Hendy, Pemkab vaksinasi bisa didapat di 50 Puskesmas ,13 rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

"Kami juga jemput bola dengan tenaga ada 115 dokter, 220 perawat, 159 bidan dan total yang sudah vaksin tahap pertama sudah ada 202.147 orang, dan total yang sudah vaksin tahap kedua sudah ada 164.191 orang,” katanya.

Pemkab Jember juga mempersiapkan Bantuan Tak Terduga (BTT) sebesar Rp83 miliar. Anggaran tersebut akan dibelanjakan paket bantuan sosial bagi seluruh warga tidak mampu terdampak COVID-19 yang belum menerima bantuan apapun dari pemerintah.

Dia menjelaskan, setiap paket bantuan senilai Rp250 ribu dengan rincian setiap paket berisi uang tunai Rp100 ribu dan sembako senilai Rp150 ribu.Bansos ini akan dibagikan kepada 100 ribu rumah atau kepala keluarga dengan target selesai maksimal pertengahan Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga: Rebut Jenazah COVID-19, Warga Jember Juga Merusak Ambulans  

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya