Comscore Tracker

Medsos Universitas Jember Diretas, Baru FB yang Bisa Dipulihkan

Unej melaporkan kejadian ini pada Dikti

Jember, IDN Times - Akun media sosial resmi milik Universitas Jember (Unej), yang meliputi Instagram, Twitter dan Facebook diretas oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab sejak Minggu, (18/4/2021). Hingga saat ini, pihak Unej masih berupaya memulihkan akun medsosnya.

Dari pantauan IDN Times, akun  medsos instagram Unej digunakan untuk mengunggah meme hingga logo Instagram berulangkali tanpa caption. Hal itu pun dikonfirmasi langsung oleh pihak kampus.

"Pada hari Minggu siang Staf Humas Univeritas Jember seperti biasa membuka sosial media untuk menjawab pertanyaan dan melakukan updating Informasi terbaru terkait Universitas Jember," ujar Wakil Koordinator Bidang Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto melalui keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

1. Email sempat tidak bisa dibuka

Medsos Universitas Jember Diretas, Baru FB yang Bisa Dipulihkanpexels.com/Andri

Mengetahui ada hal mencurigakan dari notifikasi medsosnya, pihak Unej langsung berupaya masuk ke akun medsosnya. Namun yang terjadi adalah sejumlah email dan akun medsos tidak bisa dibuka lagi.

"Akun media sosial yang pertama kali dibuka adalah Twitter. Sayangnya, login ditolak oleh Twitter dengan notifikasi akun e-mail yang kami masukan tidak valid," ujarnya.

"Kemudian kami mencoba mengecek masalah tersebut dengan login ke akun email humas@unej.ac.id, namun email humas unej juga tidak bisa dibuka," katanya.

Pihak Unej menduga upaya peretasan medsos dimulai dari email. Namun, upaya penyelamatan email coba dilakukan Unej. Kendati sudah berhasil, pihaknya masih belum bisa mengakses akun medsosnya.

"Dugaan sementara email tersebut juga baru saja diretas. Email humas@unej.ac.id masih dibawah kendali UPT TIK dan saat itu juga begitu kami laporkan langsung di reset dan email aman," ujarnya.

Baca Juga: RH Sudah Jadi Tersangka Pencabulan, Unej Tetap Lakukan Investigasi

2. Hanya akun Facebook yang bisa dipulihkan

Medsos Universitas Jember Diretas, Baru FB yang Bisa DipulihkanAkun medsos Unej diretas. IDN Times/Istimewa

Setelah mengetahui email-nya aman, Unej kembali mengakses sejumlah medsosnya, mulai dari Twitter, Facebook dan Instagram. Namun, sejauh ini baru Facebook yang berhasil dipulihkan.

"Dari FB berisikan ada pemberitahuan seseorang yang berusaha masuk ke akun FB kami,
Dari Twitter tidak bisa login akun. Segera saat itu tim Humas Unej memeriksa semua akun sosmed lainnya IG dan FB," jelasnya.

3. Unej melaporkan kejadian ini pada Dikti

Medsos Universitas Jember Diretas, Baru FB yang Bisa DipulihkanIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga saat ini pihak Unej masih berupaya melakukan pemulihan semua akun medsosnya. Pihaknya juga berupaya melaporkan kejadian ini ke Twitter dan Instagram.

"Kami menghubungi pihak peretas, juga menghubungi Humas Dikti," ujarnya.

Baca Juga: Rektor Unej Bebas Tugaskan Dosen Tersangka Cabul

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya