Pelabuhan Ketapang Sediakan Layanan Rapid Test Antigen

Pengendara pribadi sudah jalani rapid test antigen semua

Banyuwangi, IDN Times - Pemerintah Provinsi Bali mewajibkan kepada seluruh wisatawan yang akan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Gilimanuk untuk menyertakan hasil rapid test antigen. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Masa pandemik ada kebijakan Pemprov Bali, khususnya yang akan melakukan perjalanan ke Bali wajib menyiapkan rapid test  antigen," kata General Manager ASDP Ketapang, Banyuwangi, Fahmi Alweni, Kamis (24/12/2020).

1. Masih ada penumpang yang belum rapid test antigen

Pelabuhan Ketapang Sediakan Layanan Rapid Test AntigenSuasana antrian kendaraan yang akan menyeberang dari Ketapang-Gilimanuk pada H-2 Libur Nataru, terbilang sepi. IDN Times/Istimewa

Kewajiban rapid test antigen sesuai Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 sudah berlaku sejak 19 Desember 2020. Dari hasil pantauannya di lapangan, masih ada sebagian penumpang yang belum rapid test.

"Pantauan kami di lapangan, penumpang kendaraan pribadi sudah melengkapi semua, sudah 100 persen. Hanya beberapa penumpang saja yang belum melengkapi, seperti penumpang travel atau bus," kata Fahmi.

2. Bisa rapid test antigen di Ketapang maupun Gilimanuk

Pelabuhan Ketapang Sediakan Layanan Rapid Test AntigenSopir logistik saat menjalani program rapid-test gratis di kawasan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Fahmi melanjutkan, bagi penumpang yang akan menyeberang ke pulau Bali namun belum melakukan pemeriksaan rapid test antigen, terdapat layanan pribadi di kawasan Pelabuhan Ketapang maupun di Pelabuhan Gilimanuk.

"Di Banyuwangi sudah disiapkan beberapa tempat di Pelabuhan Ketapang yang sifatnya mandiri, kalau penumpang belum sempat rapid test. Di Pelabuhan Gilimanuk juga ada rapid test bagi yang belum, saat ini di-back up sama Kimia Farma," ujarnya.

Baca Juga: H-1 Natal, Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Didominasi Mobil Pribadi

3. Rapid test antigen gratis untuk sopir logistik

Pelabuhan Ketapang Sediakan Layanan Rapid Test AntigenPenyeberangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sementara itu, bagi pengendara yang membawa kendaraan logistik Jawa-Bali, pihaknya bersama Satgas COVID-19 Banyuwangi telah menyiapkan rapid test antigen gratis. Untuk sopir logistik ditempatkan di kawasan Terminal Sritanjung.

"Untuk logistik, kami kerja sama dengan Satgas KKP melakukan rapid test antigen gratis untuk sopir logistik. Di pelabuhan Gilimanuk juga disiapkan rapid test gratis untuk kendaraan logistik," ujarnya.

Kebijakan wajib rapid antigen itu berdampak signifikan pada penurunan jumlah penumpang jika dibanding momen libur Nataru tahun lalu.

"Prediksi kami ada peningkatan 40 persen untuk kendaraan pribadi, tapi dugaan kami meleset. Tapi ini memang upaya pemerintah untuk menekan agar orang tidak banyak bepergian," ujarnya.

Baca Juga: Seorang ABK di Kapal Penumpang Ketapang-Gilimanuk Positif COVID-19

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya