Seleksi CPNS di Banyuwangi Disiarkan Langsung di Media Sosial  

Jangan percaya bila ada yang janjikan lolos

Banyuwangi, IDN Times - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Banyuwangi terbilang unik. Tes ini disiarkan secara langsung atau live streaming di media sosial YouTube resmi milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Official Kanreg II BKN. Proses seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut juga langsung menunjukkan nilai hasil ujian. Sistem CAT dan pemantauan secara publik di media sosial dilakukan untuk menekankan tidak adanya praktik jual beli PNS.

1. Tahun lalu masih menggunakan big screen

Seleksi CPNS di Banyuwangi Disiarkan Langsung di Media Sosial  Ilustrasi tes cpns (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala BKPP Banyuwangi, Nafiul Huda mengatakan, pelaksanaan tahun ini berbeda dengan pelaksanaan ujian CPNS sebelum pandemik COVID-19. Sebelumnya BKPP menyediakan big screen agar keluarga peserta atau masyarakat umum bisa melihat langsung nilai CAT.

"Sekarang untuk menghindari kerumunan, nilai ujian bisa langsung dilihat melalui live streaming," kata Huda, Senin (20/9/2021).

2. Ada Formasi 156 CPNS tersedia

Seleksi CPNS di Banyuwangi Disiarkan Langsung di Media Sosial  Ilustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Tahun ini Pemkab Banyuwangi menyediakan formasi 156 CPNS, dan 157 PPPK Non Guru. Posisi itu akan diperebutkan oleh 1785 peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Mereka terdiri dari 1537 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 248 peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 27 September. Sementara  PPPK Non Guru menjalani seleksi kompetensi yang dilaksanakan, mulai tanggal 28 hingga 29 September. 

"Selain 1785 peserta yang mengikuti ujian di Banyuwangi, juga terdapat 108 peserta yang terdiri dari 100 CPNS dan 8 PPPK Non Guru mengikuti ujian di luar Banyuwangi," jelasnya.

Baca Juga: 25 Ribu CPNS-PPPK Pemprov Jatim Bersaing dalam Tes SKD

3. Berlangsung hingga 29 September

Seleksi CPNS di Banyuwangi Disiarkan Langsung di Media Sosial  Ilustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemkab Banyuwangi menyiapkan 100 komputer untuk pelaksanaan CAT. Pelaksanaan CAT digelar tiap hari mulai 20 hingga 29 September. Tiap hari ujian diikuti sekitar 200 orang yang dibagi menjadi tiga sesi. Dengan sistem CAT, nilai dapat langsung dimonitor masyarakat saat peserta mengerjakan tes.

Selama pelaksanaan ujian peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker dan sarung tangan. Sebelum mengikuti ujian peserta juga wajib menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 melalui swab PCR atau antigen. 

"Peserta juga wajib membawa perlengkapan alat tulis sendiri," kata Huda. 

Baca Juga: 36 Rumah di Banyuwangi Rusak Diterpa Angin Kencang 

Mohamad Ulil Albab Photo Verified Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya