Comscore Tracker

Fakta Menarik di Google Year in Search 2017 Indonesia

Konten lokal ternyata paling bikin penasaran

Jakarta, IDN Times - Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah Google Year in Search Indonesia. Karya anak bangsa menempati peringkat teratas daftar penelusuran terpopuler di Indonesia. Tak hanya satu tapi dua, lagu Surat Cinta untuk Starla dan film Pengabdi Setan.

Product Communication Lead Google Indonesia, Putri Silalahi mengatakan, pencarian terhadap lagu Surat Cinta untuk Starla bersifat konsisten dari Januari hingga Desember 2017.  Sedang Pengabdi Setan yang trailer-nya yang diunggah ke YouTube jadi salah satu dari 10 video paling populer di YouTube tahun 2017.

“Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli Indonesia,” kata Tony Keusgen, Managing Director, Google Indonesia, Rabu (13/12).

Baca juga: 2017, Netizen Indonesia Suka Cari Ini di Google

Fakta Menarik di Google Year in Search 2017 IndonesiaGoogle Indonesia

 

Hasil Years in Search Google Indonesia ini juga menunjukkan bahwa masyarakat terutama para millennial berusaha untuk mencari peluang untuk mendapatkan uang dari ranah digital. 

Dalam kategori Cara Menjadi misalnya, banyak netizen yang ingin tahu cara untuk menjadi selebgram, YouTuber,  pengendara Go-Jek dan juga berbisnis online atau e-commerce.

"Kami juga melihat adanya ketertarikan dari segi ekonomi, tentang kesempatan ekonomi yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan internet," terang Keusgen.

Fakta Menarik di Google Year in Search 2017 Indonesiatelusurindonesia.com

Fakta menarik lainnya, masyarakat Indonesia aktif menggunakan Google untuk menemukan peluang baru ekonomi kreatif.

Rasa ingin tahu netizen yang tinggi terhadap tren makanan juga menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis kuliner. Jika beberapa tahun lalu kue cubit menjadi tren penelusuran Google, tahun ini giliran ayam geprek.

Baca juga: Ini 5 Fakta Unik Airlangga Hartarto, Pengganti Setya Novanto di Partai Golkar

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya