Tambah 3, Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Jadi 14 Orang

Total 15 pasien positif corona di Balikpapan, 1 meninggal

Balikpapan, IDN Times -  Penyebaran virus corona di Balikpapan terus meluas, bahkan telah terjadi transmisi lokal. Pemerintah Kota Balikpapan mengumumkan jumlah pasien positif terjangkit virus corona atau COVID-19 di Kota Balikpapan, hingga hari  Selasa (31/3), sebanyak 15 orang.

“Terdapat penambahan tiga pasien positif corona di Kota Balikpapan, yang sudah dikonfirmasi oleh hasil pemeriksaan sampel di laboratorium yang kita kirimkan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona dalam kegiatan konferensi pers di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (31/3).

1. Satu pasien tertular COVID-19 karena transmisi lokal

Tambah 3, Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Jadi 14 OrangDewan Pengurus KORPRI Balikpapan memberikan sumbangan Rp100 juta untuk penganggulangan COVID-19 (IDN Times / Haikal)

Penambahan tiga pasien tersebut menambah daftar jumlah pasien positif yang awalnya sebanyak 12 orang, ditambah 3 pasien hari ini, total 15 pasien positif virus corona di Balikpapan. Dari angka ini, 1 pasien positif virus corona meninggal dunia.

Ia menjelaskan ketiga pasien baru yang dinyatakan positif virus corona tersebut, pasien pertama memiliki riwayat perjalanan dari Jawa Barat.Sementara pasien kedua memiliki riwayat perjalanan dari Lampung, Jakarta, Balikpapan.

Satu pasien lainnya merupakan kasus transmisi lokal karena tidak memiliki riwayat kontak atau pergi di luar daerah.

“Saat ini seluruh pasien konfirmasi positif dalam kondisi baik yang dirawat di ruang isolasi, tidak berada di ruang ICU,” ujarnya.

Pasien transmisi lokal merupakan warga Balikpapan yang berobat ke salah satu rumah sakit di Balikpapan. Namun terindikasi terjangkit virus corona karena memiliki gejala-gejala yang mengarah ke virus corona. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah.

2. Sebanyak 27 pasien dinyatakan negatif COVID-19

Tambah 3, Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Jadi 14 Oranginstagram.com/idntimes

Tiga pasien tersebut dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sampel swab yang dikirimkan ke  Laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI di Surabaya.

“Kami kirimkan sebanyak 40-an sampel ke Laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI di Surabaya, 30 sampel sudah ada hasilnya. Dari hasil sampel 3 dinyatakan positif,” jelasnya.

3. Jumlah ODP meningkat jadi 1.214 orang

Tambah 3, Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Jadi 14 Orangfreepik.com

Ia menerangkan jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 37 orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Balikpapan,

Sementara itu jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.506 orang, sementara 292 orang diantaranya dinyatakan sudah selesai menjalani observasi 14 hari. Sehingga total ODP di Kota Balikpapan tercatat 1.214 orang.

 

4. Jumlah pasien yang diperiksa menggunakan rapid test sebanyak 53 orang

Tambah 3, Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Jadi 14 OrangIlustrasi isolasi mandiri.Pexels.com/cottonbro

Rizal juga menjelaskan, "Pada hari ini  Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga melakukan rapid test terhadap 53 orang berdasarkan hasil tracking yang memiliki kaitan erat dengan ODP maupun PDP," katanya.

Sementara bagi masyarakat Balikpapan yang ingin mendapatkan informasi mengenai virus corona ini bisa mengunjungi laman covid19.balikpapan.go.id. 

Hotline konsultasi COVID-19 wilayah Balikpapan bisa dengan menghubungi nomor 119 ext 1 (Balikpapan), atau 082154495462, 0811543210, atau 08125366343.

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Bertambah Jadi 20 Orang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya