Comscore Tracker

Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Bertambah Jadi 15 Orang

Tiga pasien dinyatakan positif setelah hasil tes swab keluar

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan mengumumkan jumlah pasien positif terjangkit virus corona atau COVID-19 di Kota Balikpapan, hingga Selasa (31/3), sebanyak 15 orang. Ada penambahan tiga pasien positif COVID-19 per hari ini.

Data sebelumnya berjumlah sebanyak 12 orang sehingga total 15 pasien positif virus corona di Balikpapan. Dari angka ini, 1 pasien positif virus corona meninggal dunia.

“Terdapat penambahan tiga pasien positif corona di Kota Balikpapan, yang sudah dikonfirmasi oleh hasil pemeriksaan sampel di laboratorium yang kita kirimkan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona dalam kegiatan konferensi pers di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (31/3).

Penyebaran virus corona di Balikpapan, Kalimantan Timur, terus meluas, bahkan telah terjadi transmisi lokal. 

1. Satu pasien positif tertular COVID-19 karena transmisi lokal

Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Bertambah Jadi 15 Orangilustrasi ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Rizal menjelaskan ketiga pasien baru yang dinyatakan positif virus corona tersebut, pasien pertama memiliki riwayat perjalanan dari Jawa Barat. Sementara pasien kedua memiliki riwayat perjalanan dari Lampung, Jakarta, Balikpapan.

Satu pasien lainnya merupakan kasus transmisi lokal karena tidak memiliki riwayat kontak atau pergi di luar daerah.

“Saat ini seluruh pasien konfirmasi positif dalam kondisi baik yang dirawat di ruang isolasi, tidak berada di ruang ICU,” ujarnya.

Pasien transmisi lokal merupakan warga Balikpapan yang berobat ke salah satu rumah sakit di Balikpapan. Namun terindikasi terjangkit virus corona karena memiliki gejala-gejala yang mengarah ke virus corona. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Meninggal di Balikpapan Ada Riwayat ke Ijtima Asia

2. Dari 30 sampel swab yang diperiksa, 27 di antaranya negatif COVID-19

Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Bertambah Jadi 15 OrangIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Tiga pasien tersebut dinyatakan positif setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sampel swab yang dikirimkan ke  Laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI di Surabaya.

“Kami kirimkan sebanyak 40-an sampel ke Laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan Kemenkes RI di Surabaya, 30 sampel sudah ada hasilnya. Dari hasil sampel 3 dinyatakan positif,” jelasnya.

3. Jumlah ODP di Balikpapan meningkat jadi 1.214 orang

Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Bertambah Jadi 15 OrangIlustrasi (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Rizal memaparkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini berjumlah 37 orang yang dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Balikpapan.

Sementara itu jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.506 orang, sementara 292 orang di antaranya dinyatakan sudah selesai menjalani observasi 14 hari. Sehingga total ODP di Kota Balikpapan tercatat 1.214 orang.

4. Jumlah pasien yang diperiksa menggunakan rapid test sebanyak 53 orang

Pasien Positif Virus Corona di Balikpapan Bertambah Jadi 15 OrangKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty (IDN Times/Mela Hapsari)

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga melakukan rapid test terhadap 53 orang berdasarkan hasil tracking yang memiliki kaitan erat dengan ODP maupun PDP.

Sementara bagi masyarakat Balikpapan yang ingin mendapatkan informasi mengenai virus corona ini bisa mengunjungi laman covid19.balikpapan.go.id. 

Sementara hotline konsultasi COVID-19 wilayah Balikpapan bisa didapatkan dengan menghubungi nomor 119 ext 1 (Balikpapan), atau 082154495462, 0811543210, atau 08125366343.

Baca Juga: Dari 2 Klaster, Balikpapan Masuk Kategori Penularan Lokal COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya