5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan Terbesar

Yuk dukung kesuksesan Pertamina Grand Prix of Indonesia!

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penggemar balapan MotoGP terbanyak di dunia memang telah lama menantikan kompetisi balapan motor bertaraf internasional tersebut diselenggarakan di Tanah Air.

Pada tahun 2022, masyarakat Indonesia akhirnya dapat melihat secara langsung aksi-aksi memukau dari Marc Marquez dan pembalap-pembalap lainnya berpacu di lintasan sirkuit.

Dengan disponsori oleh Pertamina yang merupakan perusahaan pertambangan minyak dan gas terbesar di Indonesia, balapan MotoGP secara resmi dilabeli Pertamina Grand Prix of Indonesia. Lalu, apa sajakah fakta-fakta menarik seputar Pertamina Grand Prix of Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang merupakan salah satu sirkuit terindah di dunia

5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan TerbesarPertamina Mandalika International Street Circuit (instagram.com/themandalikagp)

Menjadi sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia, Pertamina Mandalika International Street Circuit terletak di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Proyek pengerjaan sirkuit ini dimulai pada bulan Juni 2020 hingga Agustus 2021 yang memakan biaya lebih dari Rp 1 Triliun. Sedangkan peresmian sirkuit ini langsung diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 12 November 2021.

Pertamina Mandalika International Street Circuit mempunyai panjang 4,31 kilometer dan memiliki 17 tikungan. Sirkuit ini mampu menampung lebih dari 100.000 penonton namun hanya menyediakan tempat duduk berkapasitas 50.000 orang termasuk untuk tiket VIP.

Yang menjadi keunikan dan daya tarik dari Pertamina Mandalika International Street Circuit adalah penonton tidak hanya dapat menyaksikan balapan MotoGP yang seru, namun juga disuguhkan dengan pemandangan pesisir pantai khas Lombok yang indah. Selain itu, di area run off lintasan terdapat motif batik yang merupakan warisan budaya dari bangsa Indonesia.

Sedangkan fasilitas eksklusif yang tersedia di area Pertamina Mandalika International Street Circuit di antaranya hotel berbintang, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

2. Para pembalap MotoGP ramai memberikan komentar positif saat tes Pramusim MotoGP kemarin

5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan TerbesarMarc Marquez menikmati keindahan alam Lombok (instagram.com/marcmarquez93)

Hasil tes pramusim MotoGP yang berlangsung selama tiga hari yakni mulai dari tanggal 11 Februari hingga13 Februari 2022 menyisakan cerita menarik dari para pembalap MotoGP baik itu di dalam sirkuit maupun di luar sirkuit.

Pasalnya, banyak dari para pembalap yang sangat menikmati keindahan alam Lombok dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata alam terutama pesona pantainya yang menawan. Mereka juga turut memberikan komentar yang sangat positif lewat postingan di akun media sosialnya tentang kehidupan masyarakat Lombok serta hidangan kulinernya yang lezat.

Sedangkan untuk hasil tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, pembalap asal Spanyol, Pol Espargaro, menjadi yang tercepat di hari pertama dan ketiga.

Di hari kedua, Luca Marini menduduki peringkat pertama di atas juara dunia delapan kali MotoGP, Marc Marquez.

3. Pertamina Grand Prix of Indonesia menjadi event olahraga yang paling dinanti di tahun 2022

5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan TerbesarPertamina Grand Prix of Indonesia (instagram.com/themandalikagp)

Kompetisi balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit akan digelar mulai dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022. Nantinya kamu akan dapat melihat aksi-aksi memukau dari para pembalap top dunia seperti Marc Marquez, P. Espargaro dan Quartararo yang akan beradu kecepatan untuk menjadi yang terdepan demi meraih 25 poin.

Bagi kamu yang ingin melihat secara langsung balapan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit maka kamu dapat membeli tiket secara online di website resmi Themandalikagp.com.

Untuk tiket Pertamina Grand Prix of Indonesia terbagi dalam beberapa kategori mulai dari yang termurah seharga Rp 115 ribu hingga tiket termahal VIP Rp 10 juta yang berlaku selama tiga hari.

4. Kontribusi besar Pertamina dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia

5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan TerbesarPertamina sebagai sponsor utama Pertamina Grand Prix of Indonesia (instagram.com/themandalikagp)

Pertamina sebagai sponsor utama pada pergelaran MotoGP di Mandalika telah banyak memberikan kontribusi secara signifikan demi menyukseskan ajang balapan MotoGP. Perusahaan plat merah tersebut telah menggelontorkan dana hingga Rp 3,8 triliun yang dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur sirkuit dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu, Pertamina juga berperan aktif dalam memajukan para pelaku UMKM yang berada di wilayah Mandalika. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya program kemitraan Pertamina yang memberikan pembinaan bagi masyarakat setempat yang memiliki usaha seperti kerajinan tangan hingga kuliner agar dapat lebih mandiri dan kreatif.

5. Pertamina Grand Prix of Indonesia memberikan dampak positif bagi masyarakat Lombok

5 Fakta Pertamina Grand Prix of Indonesia, Event Balapan Terbesarkeindahan alam sekitar Pertamina Mandalika International Street Circuit (instagram.com/motogp)

Perhelatan MotoGP di Mandalika tidak hanya dapat menghibur para penggemar MotoGP di Tanah Air, namun juga memberikan dampak yang sangat positif di beberapa sektor terutama pariwisata. Hal ini dikarenakan, ajang balapan MotoGP yang disiarkan oleh ratusan negara dan ditonton oleh miliaran orang secara langsung akan mempromosikan keindahan alam Indonesia khususnya di daerah Lombok.

Di samping itu, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika merupakan ajang pembuktian bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event besar sekelas MotoGP yang membuat negara Indonesia lebih dihargai dan diperhitungkan di mata dunia.

Yuk, dukung penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia agar lebih sukses dengan menyebarkan berbagai informasi menarik dan positif seputar #PertaminaMotoGP di akun media sosial milikmu. Atau, kamu dapat berkontribusi langsung pada Lombok Writers Festival 2022 yang menjadi #EnergiUntukMelesatBebas.

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya