15 Juli, Pemerintah Mulai Bangun Istana hingga Kantor Presiden di IKN

Akan ada penandatanganan kontrak dengan kontraktor

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan meneken kontrak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama para kontraktor, pada 15 Juli 2022. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Dari 15 Juli ini, land development sudah tanda tangan kontrak, kemudian nanti ada jalan tol, jalan nasional dari Pulau Balang sampai ke IKN, kemudian jalan kawasannya sendiri dari jalan nasional itu ke arah titik nol dan istana, kemudian istana dan kantor presiden. Kemudian kemenko, empat kemenko sudah mulai kita bangun," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Basuki mengatakan, penandatanganan kontrak itu tidak hanya dilakukan dalam satu waktu. Ada beberapa kali proses penandatanganan.

"Nanti tanda tangannya sampai Juli, Agustus, September, Oktober itu penandatanganan kontrak. Sekarang sedang dilelang, karena lelangnya itu design and build, jadi kita yang kita siapkan basic design-nya. Nanti pemenangnya akan mendetail design-kan dan membangun jadi lebih cepat. Itu namanya design and build, rancang bangun," ucap dia.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Berharap Masyarakat Ikut Urun Rembuk Biayai IKN

1. Penandatanganan kontrak bersama perusahaan nasional

15 Juli, Pemerintah Mulai Bangun Istana hingga Kantor Presiden di IKNDesain final Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Basuki menerangkan, penandatanganan kontrak dalam periode tersebut bersama perusahaan nasional. Menurutnya, untuk perusahaan saat ini belum ada yang bekerja sama.

"Kalau asing selama ini belum ada yang mau, semua Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

2. Bulan Agustus 2022 mulai bangun hunian untuk para pekerja

15 Juli, Pemerintah Mulai Bangun Istana hingga Kantor Presiden di IKN(Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) www.twitter.com/@BPSDM_PUPR

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pada Agustus 2022, pemerintah mulai membangun hunian untuk para pekerja. Mereka yang nantinya akan membangun IKN. Jumlah mereka sekitar 200 ribu orang.

"Pekerja konstruksi, jangan sampai mereka bikin bedeng sendiri, kita siapkan rumah-rumah untuk para pekerja konstruksi itu, dapur umumnya, jadi nanti ada kedisiplinan, jam 7 berangkat, jam 12 jemput makan, jam 1 berangkat. Walaupun itu bukan baru, tapi cara baru di dunia konstruksi," kata dia.

Menurutnya, semua pembangunan IKN pada 2022 ini untuk membangun dasar. Intinya, kata dia, pembangunan prioritas itu istana presiden, istana wakil presiden hingga empat kementerian koordinator.

3. Jokowi ingin istana kepresidenan selesai pada 2024

15 Juli, Pemerintah Mulai Bangun Istana hingga Kantor Presiden di IKNPresiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Basuki menerangkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta pembangunan istana kepresidenan bisa selesai pada 2024. Jokowi pun akan memantau langsung pembangunan IKN.

"Mungkin 3 bulan sekali Beliau (Jokowi) akan ke sana, untuk beri semangat dan menghangatkan terus, supaya orang yakin kita mau pindah," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya