200 Wanita Berkebaya Ikut Kawal Kirab Duplikat Bendera Merah Putih

Kirab bendera pusaka diarak dengan kirab khusus kebudayaan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 200 perempuan berkebaya ikut mengawal kirab budaya dari Monas ke Istana menjelang upacara detik-detik proklamasi diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

"Tunai sudah tugas sebagaimana tadi bisa dilihat 200 perempuan berkebaya telah mengawal keluarnya bendera pusaka dari tempat penyimpanan di Monumen Nasional ," ujar Dewan Pembina Komunitas Berkebaya Pertiwi Indonesia, Dewi.

Selain itu, kata Dewi, ada juga 18 perempuan berkebaya yang ikut mengiringi kirab kereta kencana. Mereka kemudian masuk ke dalam Istana Merdeka untuk mengantarkan Bendera Duplikat Sang Saka Merah Putih.

Kirab bendera pusaka diarak dengan kirab khusus kebudayaan. Kegiatan pawai budaya ini kembali dihidupkan pada HUT RI di tahun 2022 setelah dua tahun sebelumnya vakum akibat pandemik COVID-19.

Pantauan IDN Times dari YouTube Sekretariat Presiden, tidak hanya duplikat bendera merah putih yang dibawa dari Monas, melainkan ada pula teks naskah proklamasi. Dari layar terlihat, teks proklamasi diserahkan oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan, Budi Heru Hartono.

Berdasarkan laporan, personel purna paskibraka yang membawa bendera duplikat adalah Kiara Maharani Putri dari SMA 1 Garut Jawa Barat dan Irene Odelia Astono dari SMA Santo Ignatius Singkawang, Kalimantan Barat. Keduanya menumpang kereta kencana Ki Jagarasa. Sementara, di depan kereta kencana terlihat rombongan yang mengenakan pakaian adat nusantara.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Ma'ruf Amin Ungkap Tantangan Kemerdekaan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya