26 MPP Baru Diresmikan, Menteri PAN-RB: Bertahap Akan Jadi Digital

Total ada 103 mal pelayanan publik di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin baru aja meresmikan 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wapres, Jakarta, Senin (5/12/2022). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN-RB), Azwar Anas, mengatakan MPP ini akan dirancang menjadi digital.

"Tadi diresmikan 26 mal pelayanan publik, tapi ini kan situasi di luar kita berjalan dngan cepat, maka mal pelayanan publik seara bertahap akan meningkat menjadi MPP digital," ujar Azwar saat berbincang dengan Forum Pemred di Jakarta, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Wapres Resmikan 26 Mal Pelayanan Publik, Apa Fungsinya?

1. Bila sudah berbasis digital, bisa saja mengurus administrasi tidak perlu datang ke kantor

26 MPP Baru Diresmikan, Menteri PAN-RB: Bertahap Akan Jadi DigitalAzwar Anas (Dok. IDN Times)

Azwar Anas mengatakan, apabila MPP ini sudah berbentuk digital, bisa saja masyarakat mengurus administrasi tak perlu datang ke kantor. Masyarakat nantinya cukup melakukan pendaftaran melalui smartphone.

"Jadi, banyak orang ke depan untuk mengurus hal-hal pokok minimal 12 item, jangan-jangan ke depan tidak lagi perlu datang ke kantor, karena semua sudah pakai MPP digital, urus KK, NIB (nomor induk berusaha) dan seterusnya cukup pakai HP, dan inilah peta penyebaran MPP dan ke depan MPP digital ini bisa jalan dan sekarang prosesnya terus tumbuh dan berkembang," ucap dia.

Baca Juga: Menpan RB Anas Kagum pada Mal Pelayanan Publik Surabaya 

2. Kementerian PAN-RB ingin replikasi daerah yang sudah berhasil bangun MPP jadi contoh untuk wilayah lain

26 MPP Baru Diresmikan, Menteri PAN-RB: Bertahap Akan Jadi DigitalAbdullah Azwar Anas. (Instagram/ azwaranas.a3)

Lebih lanjut, Azwar mengatakan, Kementerian PAN-RB mereplikasi daerah yang sudah membangun MPP untuk menjadi contoh di wilayah lain. Sehingga, harapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadikan proses birokrasi menjadi lebih lincah dapat segera terwujud.

"Tidak terjebak di kotak-kotak terstruktur, maka Bapak Presiden sekarang punya target priortias, namanya penyederhanaan birokrasi. Oleh karena itu kita pangkas, maka eselon 3 dan 4 ini dihapus, ada namanya jabatan fungsional," kata dia.

Saat ini, ada 103 mal pelayanan publik yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Menpan RB Anas Kagum pada Mal Pelayanan Publik Surabaya 

3. Kapasitas birokrasi Indonesia turun

26 MPP Baru Diresmikan, Menteri PAN-RB: Bertahap Akan Jadi DigitalMenpan-RB, Azwar Anas menghadiri pengobatan gratis PDIP di Kabupaten Bogor (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, dalam pidatonya di peresmian 26 MPP, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, kapasitas birokrasi Indonesia tahun 2022 menurun ke peringkat 44 dari 37. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak untuk berubah dalam meningkatkan reformasi birokrasi.

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Artinya, banyak hal yang masih perlu dibenahi dan didorong percepatan perbaikannya,” ujar Ma'ruf Amin.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya