3 Hal Ini Harus Dilakukan Calon Jemaah yang Berhaji di Masa Pandemik

Pertama, harus disiplin protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Awal Juni 2022, kelompok terbang (kloter) pertama calon jemaah haji Indonesia akan berangkat ke Arab Saudi. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, ada tiga hal yang harus dilakukan calon jemaah saat hendak berhaji di masa pandemik COVID-19.

Pertama, Hilman meminta kepada calon jemaah untuk senantiasa disiplin protokol kesehatan. Sebab, penularan virus COVID-19 masih bisa terjadi.

"Karena saat ini konteksnya masih pandemi, meskipun sudah banyak kelonggaran," ujar Hilman dilansir dari laman resmi Kemenag, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Ini Hasil Tinjauan Menag Yaqut soal Persiapan Haji di Arab Saudi

1. Wajib vaksin dosis lengkap

3 Hal Ini Harus Dilakukan Calon Jemaah yang Berhaji di Masa PandemikDirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman Latief. (instagram.com/hilmanlatief)

Kedua, Hilman meminta kepada calon jemaah yang akan berangkat haji tahun ini sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap. Menurutnya, vaksin dosis lengkap merupakan salah satu syarat bisa berangkat ke Tanah Suci.

Ketiga, Hilman meminta kepada petugas haji untuk tertib mengatur pergerakan jemaah selama musim haji.

"Jangan sampai terlalu lelah, karena musim haji kali ini insyaAllah semakin dekat dan situasinya agak berat seperti yang tadi disampaikan oleh Pak Menteri," katanya.

2. Menag Yaqut sebut semua persiapan layanan untuk jemaah haji sudah siap

3 Hal Ini Harus Dilakukan Calon Jemaah yang Berhaji di Masa PandemikMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (dok. Kemenag)

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas tiba kembali di Indonesia pada Senin, 23 Mei 2022, usai meninjau langsung persiapan penyelenggaraan haji 1443 Hijriah di Arab Saudi. Yaqut mengungkapkan, semua persiapan layanan untuk jemaah haji Indonesia sudah siap.

"Saya sudah cek semua layanan di Saudi, baik akomodasi, transportasi, katering, serta layanan kesehatan, dan alhamdulillah semua siap," ujar Yaqut dilansir dari laman resmi Kemenag, Selasa (24/5/2022).

3. Yaqut minta jemaah RI jaga kesehatan

3 Hal Ini Harus Dilakukan Calon Jemaah yang Berhaji di Masa PandemikIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sepulangnya dari Arab Saudi, Yaqut meminta kepada jemaah haji yang berangkat tahun ini agar menjaga kesehatan. Sebab, di Saudi sedang musim panas dengan temperatur bisa mencapai 44 derajat celcius.

"Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40-44 derajat celcius," katanya.

Karena itu, Yaqut meminta kepada jemaah yang akan berangkat haji untuk menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrem, suhu udara yang ekstrem," ucapnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya