8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19

Asrama haji akan dioptimalkan untuk rawat pasien COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan delapan gedung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat perawatan pasien COVID-19. Sekjen Kemenag, Nizar Ali, mengatakan penyediaan asrama haji sebagai tempat itu sebagai bentuk bantuan penanganan COVID-19.

"Pemerintah akan memaksimalkan Asrama Haji Pondok Gede untuk ikut membantu penanganan pasien COVID-19. Ke depan, Asrama Haji Pondok Gede akan dioptimalkan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19," ujar Nizar Ali, Senin (5/7/2021).

“Sebelumnya, satu gedung di Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dimanfaatkan Rumah Sakit Haji untuk perawatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat,” imbuhnya.

1. Rincian gedung yang digunakan untuk pasien COVID-19

8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19Bangunan Asrama Haji yang digunakan untuk isolasi COVID-19 (Dok. Kemenag)

Baca Juga: COVID Menggila, Kemenag-Perta Medika Siapkan RS Darurat Asrama Haji

Nizar menerangkan ada enam gedung yang digunakan untuk merawat pasien COVID-19. Lima gedung masih kosong dan satu gedung yang sebelumnya sudah diisi pasien yakni Gedung Arafah.

Sementara, lima gedung yang masih kosong untuk merawat pasien COVID-19 itu yakni A, B, C, H, dan D5. Selain itu, ada dua gedung yakni D3 dan D4 yang akan digunakan sebagai akomodasi tenaga kesehatan.

“Kita juga siapkan dua gedung untuk akomodasi tenaga kesehatan. Jadi total ada delapan gedung yang akan digunakan di Asrama Haji Pondok Gede untuk penanganan COVID-19,” ucapnya.

2. Tersedia 900 kamar perawatan

8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Rapat tersebut membahas ketersediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan rumah sakit di Asrama Haji Pondok Gede akan digunakan mulai Rabu (7/7/2021). Budi menerangkan, total ada 900 kamar perawatan bagi pasien COVID-19.

"Akan mulai beroperasi hari Rabu ini," ujar Budi dalam rapat bersama Komisi IX yang disiarkan melalui akun YouTube DPR RI, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, RS cadangan Asrama Haji Pondok Gede ini khusus merawat pasien kategori sedang. Kementerian PUPR kini tengah melakukan pengerjaan agar fasilitas kesehatannya dapat dilengkapi.

"900 kamar, dan kemarin sudah mulai dikerjakan dengan Kementerian PU, untuk menjadi rumah sakit cadangan untuk yang bisa merawat pasien sedang," katanya.

Baca Juga: 457 Kamar Asrama Haji Makassar Dipakai Isolasi COVID-19

3. Ada bed 50 ICU di Asrama Haji Pondok Gede

8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19 di ruang ICU. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Lebih lanjut, Budi menerangkan selain menyediakan tempat tidur untuk perawatan pasien, RS cadangan Asrama Haji Pondok Gede juga akan dilengkapi dengan ICU. Total ada 50 tempat tidur di ICU.

"Di situ juga kita akan bangun 50 ICU di Wisma Haji Pondok Gede. Sehingga akan ada tambahan 950 bed tambahan," Budi.

Baca Juga: Asrama Haji Jadi Tempat Isolasi Mandiri, Sudah Terisi 1.003 Pasien 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya