Comscore Tracker

ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama Ramadan 1443 Hijriah

Cukup akses www.humanifair.com untuk bisa bergabung

Jakarta, IDN Times - Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar acara kemanusiaan secara virtual selama bulan Ramadan 1443 Hijriah. Acara tersebut bernama Humanifair.

Project Leader Humanifair, Adriansyah, mengatakan program ini dapat diakses melalui laman www.humanifair.com. Untuk bisa masuk dalam acara kemanusiaan virtual ini, cukup melakukan registrasi secara gratis.

“Humanifair dapat diakses secara gratis melalui gawai selama 24 jam selama 30 hari di bulan Ramadan. Humanifair bisa diakses mulai 1 April 2022,” ujar Adriansyah dalam keterangannya, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Berdayakan Petani, ACT-Global Wakaf Bikin Pabrik Pakan Hewan di NTB

1. Humanifair berisi kajian Islam hingga bisa menunaikan sedekah

ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama Ramadan 1443 HijriahACT gelar humanifair secara virtual (dok. ACT)

Adriansyah menjelaskan, dalam acara Humanifair ini, pengunjung bisa mengikuti kajian Islam, talkshow kesehatan, seminar hingga bersedekah. Selain itu, ada juga sejumlah hiburan yang bisa dinikmati.

Sejumlah habib dan ustaz juga turut mengisi kajian yang ada di Humanifair. Mereka adalah Habib Ali Zaenal Alkaff, Habib Anies bin Shahab, Abi Amir Faishol Fath, Ustaz Abi Makki, Ustaz Bobby Herwibowo, Ustaz Zulfikarullah, Ustaz Bendri Jaisyurrahman, Ustaz Faris BQ, Ayah Irwan Rinaldi, Mamah Dedeh, dan Ummi Makki.

Selain itu, sejumlah dokter juga akan mengisi acara talkshow kesehatan di program Humanifair.

Baca Juga: Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT Siapkan Sejumlah Program

2. Bisa saksikan acara Nussa dan Rara di Humanifair

ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama Ramadan 1443 HijriahACT gelar humanifair secara virtual (dok. ACT)

Bagi penikmat animasi Nussa dan Rara, juga bisa dinikmati di acara Humanifair. Adriansyah menerangkan, selain Nussa dan Rara, ada sejumlah hiburan yang bisa dinikmati.

"Jangan lupa untuk berkunjung ke stan program-program kemanusiaan di laman utama humanifair. Ada tampilan armada kemanusiaan Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, Humanity Water Tank, Ambulans, dan Rice Truck. Pengunjung akan dimanjakan dengan visualisasi 360 derajat sehingga dapat merasakan atmosfer pameran secara langsung," katanya.

3. Sambut Ramadan 1443 Hijriah, ACT siapkan sejumlah program

ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama Ramadan 1443 HijriahAksi Cepat Tanggap (ACT) membuat program 'Kan Ramadan' (dok. ACT)

Sebelumnya, Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat sejumlah program untuk menyambut bulan Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi. Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, pada Ramadan tahun ini ACT membuat tema besar bernama "Kan Ramadan".

Ibnu menjelaskan, tema "Kan Ramadan" dipilih untuk memberi gambaran kepada umat Muslim ketika ingin melakukan ibadah lebih giat tidak hanya dilakukan saat Ramadan saja.

"Sebelum Ramadan, kita harus menyambutnya dengan persiapan-persiapan terbaik. Saat Ramadan berlangsung, kita lakukan ibadah-ibadah terbaik. Termasuk sedekah terbaik. Lalu setelah Ramadan, kita harus memberi yang terbaik atas berkah dari bulan Ramadan yang kita dapatkan," ujar Ibnu dalam keterangannya, Minggu (6/3/2022).

Ibnu kemudian menjelaskan sejumlah program ACT yang akan diselenggarakan di bulan Ramadan. Mulai dari bantuan pangan, bantuan untuk guru dan dai di tepian negeri, pembangunan masjid di pelosok daerah, distribusi mushaf Al-Qur’an, dan zakat fitrah.

"Tak hanya di Indonesia, beragam aksi kebaikan selama masa Ramadan juga akan menyapa penduduk di negara terdampak konflik kemanusiaan dan krisis sumber daya. Di antaranya yaitu warga di negara Palestina, Suriah, Yaman, Rohingya, serta warga prasejahtera di negara-negara di benua Afrika," ucapnya.

Lebih lanjut, Ibnu mengatakan, bulan Ramadan juga bisa menjadi momentum untuk kembali saling membantu satu sama lain. Terlebih, Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemik COVID-19.

Menurutnya, salah satu sedekah yang bisa dilakukan dengan membeli produk pelaku usaha UMKM. Hal itu bisa meningkatkan perekonomian para pelaku kecil.

Baca Juga: Ramada by Wyndham, Hotel Kece Buat Nginap atau Staycation di Bali!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya