Comscore Tracker

ACT Targetkan Salurkan Daging Kurban Tahun Ini ke-60 Negara

Tahun 2021, ACT juga menyalurkan daging kurban ke-37 negara

Jakarta, IDN Times - Umat Islam pada awal Juli 2022 akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat program untuk menyambut Hari Raya Idul Adha.

Pada tahun ini, ACT membuat tema "tema Kuatkan Tekad, Kudu Qurban". Dengan tema tersebut, ACT bermaksud mengajak umat Islam untuk berkurban, terlebih pandemik COVID-19 sudah melandai dan kondisi ekonomi semakin membaik.

"Kudu Qurban bermakna sebagai bentuk syukur dan takwa kepada Allah SWT, juga Kudu Qurban sebagai ungkapan peduli terhadap kemanusiaan," ujar Presiden Global Qurban ACT, Mukhti dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama Ramadan 1443 Hijriah

1. Kurban dapat mensejahterakan masyarakat

ACT Targetkan Salurkan Daging Kurban Tahun Ini ke-60 NegaraACT ajak umat Islam berkurban di Hari Raya Idul Adha (dok. ACT)

Mukhti mengatakan, kurban dapat mensejahterakan dan membahagian masyarakat. Sebab, ada unsur sosial saling berbagi di dalamnya.

"Secara sosial, kurban dapat membahagiakan masyarakat prasejahtera yang tidak pernah menikmati daging karena harganya yang cukup mahal. Apalagi saat pandemi Covid-19 lalu, ekonomi mereka juga semakin terpuruk," katanya.

Baca Juga: ACT Kirim Bantuan Senilai Rp1,5 M buat Korban Gempa Pasaman Barat

2. Targetkan bisa salurkan daging kurban ke-60 negara

ACT Targetkan Salurkan Daging Kurban Tahun Ini ke-60 NegaraACT ajak umat Islam berkurban di Hari Raya Idul Adha (dok. ACT)

Mukhti mengatakan, pada tahun ini, ACT menargetkan bisa menyalurkan daging kurban ke-60 negara yakni 18 negara di Asia, 7 negara di Timur Tengah dan Syam, 28 negara di Afrika dan 7 negara di benua lain. Selain itu, 385 kota/kabupaten di Indonesia juga akan menjadi titik distribusi daging kurban dari ACT.

Mukhti mengatakan, ACT juga mengantisipasi adanya penyakit kuku dan mulut yang kini tengah menyerang hewan. Menurutnya, tim dokter hewan dari ACT secara intensif memeriksa hewan yang akan dikurbankan.

3. Tahun 2021, ACT distribusikan daging kurban ke-37 negara

ACT Targetkan Salurkan Daging Kurban Tahun Ini ke-60 NegaraACT ajak umat Islam berkurban di Hari Raya Idul Adha (dok. ACT)

Lebih lanjut, Mukhti mengatakan, tahun 2021, ACT juga menyalurkan daging kurban ke-37 negara dan 278 kabupaten/kota di Indonesia. Ada 24.505 setara kambing, 869 sapi, 2.472 kambing dan 28 unta yang dipotong sebagai hewan kurban pada 2021.

"Penerima manfaat mencapai 1.907.164 jiwa dan melibatkan 23.071 relawan. Diharapkan kurban tahun ini meningkat dari tahun lalu, baik secara jumlah hewan, wilayah pendistribusian, dan penerima manfaatnya," imbuhnya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya