AHY Sindir Jokowi Hanya Gunting Pita, Moeldoko: Datanya Akan Dirilis

Moeldoko akan sampaikan data pembangunan era Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyindir Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang dinilai kerjanya hanya gunting pita. Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko, meminta hal tersebut tak usah dibandingkan.

"Semua pekerjaan infrastruktur yang dianuiin (dikerjakan) Presiden, ada datanya, dan itu bisa diperbandingkan, supaya ini clear," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

"Jadi gak perlu membanding-bandingkan seperti itu. Ada datanya kok, kenapa harus membandingkan? Nanti datanya KSP yang akan rilis," sambungnya.

Baca Juga: AHY Sindir Jokowi Hanya Gunting Pita: SBY yang Membangun 

1. AHY sindir Jokowi hanya gunting pita, SBY yang membangun

AHY Sindir Jokowi Hanya Gunting Pita, Moeldoko: Datanya Akan DirilisKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebelumnya, AHY menilai, Jokowi hanya meresmikan program yang sebelumnya dijalankan di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) namun tak dipublikasikan. Sehingga, saat Jokowi mengadakan gunting pita tersebut, proyek pembangunan seolah-olah menjadi hasil kerja Jokowi.

"Jadi jelas banyak sekali proyek-proyek itu, kami menyeluruh dan tidak sering kali dipublikasi. Ada yang mengatakan misal, zaman dulu gak ada pembangunan infrastruktur nyatanya banyak,” kata AHY dalam Rapimnas, di JCC, Kamis (15/9/2022). 

“Kami rencanakan, persiapkan, dialokasikan anggarannya, dan dimulai dibangun sehingga banyak yang tinggal dan sudah 70 persen bahkan tinggal 90 persen, tinggal gunting pita. Setahun (pemerintahan) gunting pita kira-kira masuk akal enggak,” tanya AHY.

Baca Juga: AHY Sindir BLT Jokowi, Istana: Buat Rakyat Bukan Siapa Paling Hebat

2. Tak perlu mendapat apresiasi publik

AHY Sindir Jokowi Hanya Gunting Pita, Moeldoko: Datanya Akan DirilisKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Putra sulung SBY itu kemudian menyebut, pihaknya tak memerlukan apresiasi publik terhadap program kerja yang dijalankan saat Partai Demokrat berkuasa.

Namun dia menyebut, tak semestinya kinerja pemerintahan terdahulu diklaim sebagai keberhasilan pemerintahan hari ini.

"Ya kita gak perlu juga diapresiasi tapi jangan mengatakan, ‘ini kehebatan kita’ terus satu tahun gunting pita. Itu namanya claiming sesuatu,” ucap AHY.

3. Pemerintah harusnya berterima kasih kepada SBY

AHY Sindir Jokowi Hanya Gunting Pita, Moeldoko: Datanya Akan DirilisKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurutnya, pemerintah hari ini semestinya berterima kasih kepada Partai Demokrat karena telah membangun proyek-proyek strategis untuk Indonesia.

“Tapi kenapa sih kita tidak kemudian mengatakan terima kasih telah diletakkan landasan, telah dibangun 70 persen, 80 persen sehingga kami tinggal 10 persen tinggal gunting pita, terima kasih Demokrat, terima kasih SBY, begitu,” ujarnya. 

Sebagai informasi, Jokowi beberapa kali meresmikan jalan, jembatan, dan pelabuhan di masa pemerintahannya. Tercatat pada 2016 lalu, Jokowi meresmikan jembatan Kapuas Tayan yang telah dimulai sejak pemerintahan SBY.

Jembatan itu sebagai penghubung poros trans Kalimantan dan akses perbatasan menuju Malaysia, sehingga membuat aktivitas masyarakat sekitar lebih efisien.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya