Akun Instagram Muncul Lagi, Giring Unggah Video Sedang di Papua

Akun Instagram Giring sempat menghilang beberapa hari

Jakarta, IDN Times - Akun Instagram Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha muncul kembali setelah hilang beberapa hari. Saat akunnya muncul kembali, Giring mengunggah video yang menunjukkan dirinya sedang berada di Papua.

"Terima kasih Papua kami kembali untuk bersuara. Hari ini kami bersyukur akun ini sudah kembali lagi," tulis Giring seperti dikutip IDN Times, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: PSI Duga Akun Instagram Giring Hilang karena Ada Report Massal

1. Akun muncul kembali setelah Giring lapor Instagram

Akun Instagram Muncul Lagi, Giring Unggah Video Sedang di PapuaGiring "Nidji" Ganesha. (Instagram.com/ Giring)

Juru Bicara PSI Ariyo Bimo mengatakan, akun Giring kembali setelah membuat laporan kepada Instagram. Menurutnya, Giring telah mengikuti sejumlah prosedur agar akun Instagram-nya kembali.

"Pada dasarnya kejadian "report as spam" sangat mudah diverifikasi kebenarannya. Karena akun Bro Giring tidak pernah digunakan untuk spam, tentu tidak ada masalah untuk dipulihkan. Apalagi akun Bro Giring sudah centang biru," kata Ariyo.

Baca Juga: Instagram Giring Lenyap, PSI: Berpendapat Tak Boleh Dibungkam

2. PSI tak menyebut berapa banyak report untuk akun Giring

Akun Instagram Muncul Lagi, Giring Unggah Video Sedang di PapuaIlustrasi bendera PSI (psi.id)

Meski demikian, Ariyo tak bisa menjelaskan terkait seberapa banyak report terhadap akun Giring. Menurutnya, Instagram tak memberikan datanya.

"Jumlahnya tentu tidak diungkapkan oleh Instagram, tapi melihat serangan ini bisa men-suspend akun centang biru, saya perkirakan jumlahnya masif dan diorkestrasi agar terjadi bersamaan," ucapnya.

3. Belum ada penjelasan dari Instagram

Akun Instagram Muncul Lagi, Giring Unggah Video Sedang di PapuaIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

IDN Times mencoba mengonfirmasi kepada Instagram apakah betul akun Instagram Giring yang sempat hilang karena adanya report massal. Senior Associate Media Relations Instagram Reza Kurnia mengatakan, jawaban atas pertanyaan tim IDN Times masih menunggu persetujuan terlebih dahulu.

"Masih menunggu approval dari tim Instagram dulu yah," katanya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya