Alasan Jokowi Tak Kunjung Cari Pengganti Kursi Menpan-RB: Sibuk!

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022

Jakarta, IDN Times - Lebih dari dua bulan kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) kosong, selepas Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sibuk sehingga belum menentukan pengganti Tjahjo Kumolo.

"Karena mungkin Pak Presiden sibuk, kemarin kunjungan kerja rangkaian Papua, Ambon, Lampung. Terus kemarin ada tamu negara," ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: Megawati Serahkan Nama Kader PDIP ke Jokowi untuk Isi Kursi Menpan-RB

1. Penentuan kursi menteri hak prerogatif Presiden

Alasan Jokowi Tak Kunjung Cari Pengganti Kursi Menpan-RB: Sibuk!Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Heru mengatakan, penentuan kursi menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Kursi Menpan-RB, kini diisi oleh pelaksana tugas (Plt), yakni Mahfud MD yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Selain itu, Heru juga mengaku tak mengetahui terkait adanya reshuffle Kabinet Indonesia maju dalam waktu dekat.

"Gak tahu," kata Heru.

Baca Juga: Soal Pengganti Menpan-RB, Hasto Kristianto: Bukan Saya 

2. Megawati serahkan nama kader PDIP ke Jokowi untuk isi kursi MenPAN-RB

Alasan Jokowi Tak Kunjung Cari Pengganti Kursi Menpan-RB: Sibuk!Presiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, sudah menyerahkan sejumlah nama kadernya ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Nama-nama tersebut akan dipilih Jokowi menggantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan-RB.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan, Megawati menyerahkan nama-nama itu pada Kamis (18/8/2022).

"Ya pada Kamis lalu, Ibu Mega sudah bertemu dengan Presiden Jokowi, dan nama-nama sudah diserahkan," ujar Hasto di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: Siapa Pengganti Tjahjo Kumolo? Puan: Pasti Bikin Kejutan

3. Megawati serahkan nama-nama kader PDIP untuk diputuskan Jokowi

Alasan Jokowi Tak Kunjung Cari Pengganti Kursi Menpan-RB: Sibuk!Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Hasto menegaskan, Megawati menghormati sistem presidensial yang dianut oleh Indonesia. Pada sistem itu, Presiden memiliki hak prerogatif dalam menentukan menterinya.

"Ibu Megawati Soekarnoputri menghormati sistem presidensial. Nama-nama sudah diserahkan sehingga Bapak Presiden Jokowi lah yang akan menetapkan dan akan menentukan kapan momentumnya," kata dia.

Meski demikian, Hasto enggan menyampaikan siapa kader PDIP yang diusulkan menggantikan mendiang Tjahjo Kumolo di jabatan tersebut. Namun yang pasti, kata dia, nama yang diusulkan lebih dari satu orang.

Baca Juga: Eks Wali Kota Solo Temui Jokowi di Tengah Isu Pelantikan MenPAN-RB

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya