Alasan Kuat di Balik Jokowi Ajak Prabowo Kunjungan Kerja ke Maluku

Jokowi berangkat ke Maluku pada Rabu (14/9/2022)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada Rabu (14/9/2022) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Maluku. Dalam kunker ittu, Jokowi ditemani oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto.

Prabowo nampak melekat, berdampingan dengan Jokowi. Dengan setelan baju khasnya, Prabowo mengenakan kemeja dan celana cokelat.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menjelaskan, alasan Jokowi mengajak Prabowo dalam kunjungannya ke Maluku. Menurutnya, masih ada kaitan dengan bidang Kementerian Pertahanan.

"Beliau ajak Pak Menhan tentunya ada kaitannya dengan tugas-tugas Pak Menhan, antara lain adalah akan kunjungan ke Pulau Aru, Pulau Moa, selain Tual untuk melihat kondisi Pulau terluar dari sisi pertahanan strategis pulau terluar," ujar Heru kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

"Selain itu, Pak Menhan memberikan bantuan sepeda motor (40 sepeda motor) bersama Pak Presiden ke Kodim setempat di Tual," sambungnya.

Baca Juga: Relawan Prawi Dukung Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024

1. Jokowi tinjau penyerahan motor di Kodim 1503/Tual

Alasan Kuat di Balik Jokowi Ajak Prabowo Kunjungan Kerja ke MalukuPresiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat penyerahan motor di Kodim 1503/Tual (dok. Sekretariat Presiden)

Salah satu agenda Jokowi di Maluku yakni meninjau penyerahan 40 sepeda motor dari Kementerian Pertahanan kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara. 40 motor itu diserahkan oleh Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan, penyerahan sepeda motor itu merupakan arahan dari Jokowi, untuk mempermudah kinerja. Selain itu, diharapkan juga bisa digunakan untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

"Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)," kata Prabowo, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Potret Puan Naik Kuda Prabowo yang Pernah Ditunggangi Jokowi

2. Prabowo sebut motor itu digunakan untuk Babinsa

Alasan Kuat di Balik Jokowi Ajak Prabowo Kunjungan Kerja ke MalukuMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam acara Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno (ERPPP) ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022). (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, sepeda motor yang diberikan digunakan untuk Babinsa. Menurutnya, motor yang diberikan tidak hanya di Kodim 1503/Tual, tapi juga untuk Babinsa seluruh wilayah Indonesia.

"Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kita kasih motor dan nanti rencananya motornya akan kita buat di dalam negeri di Indonesia oleh Pindad dan PT Len dibawah holding industri pertahanan, holding yang sekarang yaitu Defend ID," ucap dia.

3. Prabowo dampingi Jokowi ketika meresmikan jembatan gantung

Alasan Kuat di Balik Jokowi Ajak Prabowo Kunjungan Kerja ke MalukuPresiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair (dok.Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Selain itu, Prabowo juga ikut mendampingi Jokowi ketika meresmikan Jembatan gantung Wear Fair di Kabupaten Maluku Tenggara. Dalam sambutannya, Jokowi berharap jembatan tersebut bisa mempercepat mobilitas masyarakat dan barang.

"Jembatan Wear Fair ini penting sekali dalam rangka mobilitas orang maupun mobilitas barang," ujar Jokowi.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya