Anggota DPR Kritik Citayam Fashion Week: Langgar Aturan Lalu Lintas

Pemprov DKI Jakarta diminta sediakan sarana

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun, mengkritik kegiatan Citayam Fashion Week. Menurutnya, kegiatan tersebut melanggar aturan lalu lintas.

"Ini kok buat kegiatan di trotoar dan zebra cross seenaknya? Apa mereka tidak mikir bahaya ditabrak kendaraan yang lewat. Lalu dengan latah dan bangganya masyarakat, mulai artis, pejabat sampai masyarakat biasa yang pendidikanya tinggi tahu aturan, tahu adab, tahu etika dan undang-undang malah ikut-ikutan gaya anak jalanan yang jarang pulang ini. Mereka malah ikut-ikutan buat fashion show di marka penyeberangan jalan. Apa itu sesuai dengan UU Pemuda no 40 Tahun 2009, kan gak,” ujar Rudi dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

1. Nilai ada kemunduran peradaban

Anggota DPR Kritik Citayam Fashion Week: Langgar Aturan Lalu Lintaspotret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Bahkan, Rudi menilai kegiatan tersebut sebagai bentuk kemunduran peradaban. Sebab, aksi Citayam Fashion Week itu mengganggu ketertiban, terutama pengguna jalan.

"Saya menilai ini ada ada kemunduran peradaban. Seperti kembali ke zaman batu dahulu kala. Suka-suka buat kegiatan di tengah jalan," ucap dia.

Rudi mengatakan, berdasarkan Pasal 274 ayat 1, Pasal 275 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan, setiap orang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi jalan, rambu, marka jalan dan lain-lain dapat dipidana.

Baca Juga: Citayam Fashion Week Makin Ramai, Wagub DKI Wanti-Wanti Soal Ini! 

2. Nilai Pemprov DKI Jakarta melakukan pembiaran

Anggota DPR Kritik Citayam Fashion Week: Langgar Aturan Lalu LintasAnggota Komisi VI DPR Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun (dok. Pribadi)

Lebih lanjut, Rudi menilai, Pemprov DKI Jakarta melakukan pembiaran atas pelanggaran yang dilakukan di kegiatan Citayam Fashion Week. Dia menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan tempat yang pas, sehingga kegiatan Citayam Fashion Week tidak mengganggu ketertiban umum.

“Saya hanya mengingatkan Pemda DKI dan pejabat terkait bawa kreativitas anak-anak itu harus di lokalisasi. Harus diberikan tempat dan sarana yang pas. Apakah di gedug kesenian, apakah di gedung olahraga atau di JIS (Jakarta International Stadium)," kata dia.

3. Pemerintah diminta tak membiarkan aksi Citayam Fashion Week

Anggota DPR Kritik Citayam Fashion Week: Langgar Aturan Lalu Lintaspotret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Dalam kesempatan itu, Rudi juga meminta pemerintah untuk mengambil tindakan tegas atas pelanggaran yang terjadi di Citayam Fashion Week. Sehingga, pelanggaran itu tidak diikuti di daerah lain.

“Pemerintah itu harus tegas soal Citayam Fashin Week. Karena kalau dibiarkan maka semua marka penyeberangan di daerah-daerah akan dijadikan ajang kegiatan fashion. Saya pastikan itu melanggar UU dan peraturan daerah,” imbuhnya.

Baca Juga: Asal-usul Citayam Fashion Week, Jadi Ajang Pamer Fashion di SCBD

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya