Didukung 3 Parpol, Anies: Bismillah, Kepercayaan Telah Diemban

Anies dapat dukungan dari NasDem, Demokrat dan PKS

Jakarta, IDN Times - Anies Baswedan resmi mendapat tiket untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Anies mendapat dukungan dari NasDem, Demkorat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Dengan mengucap bismillah, kepercayaan itu kini telah diembankan," ujar Anies dalam keterangannya di akun Instagramnya seperti dilihat IDN Times, Rabu (1/2/2023).

"Kemarin Partai Keadilan Sejahtera telah menyatakan dukungannya, melengkapi deklarasi sebelumnya oleh Partai Nasdem pada tanggal 3 Oktober 2022, dan pernyataan Partai Demokrat pada tanggal 26 Januari 2023, maka presidential threshold 20 persen telah terlampaui," sambungnya.

Anies kemudian menyampaikan terima kasih atas dukungan dari NasDem, Demokrat dan PKS. Anies bertekad berjuangan untuk Indonesia.

Baca Juga: Ingin Poros Alternatif di 2024, Demokrat Dukung Anies Jadi Capres

1. NasDem terlebih dahulu deklarasi dukung Anies

Didukung 3 Parpol, Anies: Bismillah, Kepercayaan Telah DiembanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Tower NasDem jelang pengumuman capres, Senin (3/10/2022) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

NasDem menjadi partai pertama yang mendukung Anies. Partai yang dipimpin Surya Paloh itu mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024 pada 3 Oktober 2022.

Surya Paloh menitipkan bangsa Indonesia kepada Anies. Dia berharap, Anies mampu memimpin bangsa Indonesia dengan baik apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

"Inilah mengapa kami kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke ke depan, insyaAllah jika saudara Anies Baswedan terpilih, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dalam deklarasi itu, Anies Baswedan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh. Di belakangnya, ada sejumlah pengurus DPP Partai NasDem.

Baca Juga: [BREAKING] PKS Deklarasi Dukung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

2. Demokrat ingin ada poros alternatif

Didukung 3 Parpol, Anies: Bismillah, Kepercayaan Telah DiembanSekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Rifky (Istimewa)

Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan pihaknya mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres di 2024. Koalisi antara Demokrat, NasDem, dan PKS juga disebut tinggal menunggu peresmian formal.

Riefky mengatakan tiga partai politik ini menginginkan adanya poros alternatif dalam Pilpres 2024 dengan mengusung Anies Baswedan.

“Kami ketiga partai intinya ingin memberikan sebuah poros alternatif harapan publik,” kata Riefky dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Senin (30/1/2023).

3. PKS dukung Anies

Didukung 3 Parpol, Anies: Bismillah, Kepercayaan Telah DiembanLogo baru PKS (Dok. PKS)

PKS akhirnya resmi mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di pemilihan presiden 2024 mendatang. Hal tersebut setelah melalui diskusi cukup panjang dengan para petinggi partai.

"Tim kecil koalisi partai pendukung Anies Baswedan, PKS konsisten jadi bagian partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024, sehingga koalisi ini memenuhi presidential threshold 20 persen," kata Wakil Syuro PKS, Sohibul Iman di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (30/1/2023).

Keputusan tersebut pun bakal disampaikan dengan dukungan eksplisit organisatoris ke Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024-2029. 

"Pada rapat badan pekerja majelis syuro PKS yang bersamaan dengan rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," jelasnya.

Meskipun demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang.

"Terutama setelah Ketua Majelis Syuro PKS kembali ke tanah air pada 3 Februari," tuturnya.

Baca Juga: Simpatisan Anies Baswedan Ricuh di KPK, Teriakkan Anies Presiden!

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya