Comscore Tracker

Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNI

Jokowi tiba di Jerman setelah terbang lebih dari 13 jam

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Munich, Jerman, pada Minggu (26/6/2022) pukul 18.40 waktu setempat. Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan rombongan menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GIAI-1).

Jokowi bertolak dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (26/6/2022), pukul 10.36 WIB. Mereka terbang selama 13 jam sebelum mendarat di Munich dan disambut Menteri Urusan Eropa dan Internasional Negara Bagian Bavaria Melanie Huml, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Budi Wibowo beserta istri.

Setelah acara penyambutan di bandara, Jokowi beserta rombongan langsung menuju hotel untuk beristirahat. Di hotel, ada sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang juga sudah menunggu Jokowi.

Mereka memanggil nama Jokowi saat orang nomor satu di Indonesia itu lewat. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," ujar WNI yang berkumpul seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman 

1. Jokowi turun dari mobil untuk menyapa

Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNIPresiden Jokowi tiba di Munich, Jerman (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi kemudian turun dari mobil untuk menyapa WNI yang menyambutnya. Di lokasi yang sama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sudah menunggu kedatangan Jokowi.

Retno datang ke Jerman lebih dulu untuk mempersiapkan kedatangan Jokowi. Rencananya, Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Acara KTT G7 akan digelar pada Senin (27/6/2022) waktu setempat. Lokasinya digelar di Istana Elmau,

Baca Juga: Jokowi Ungkap Misinya Kunjungi Ukraina dan Rusia

2. Jokowi bakal bawa misi perdamaian di KTT G7

Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNIKonferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi akan mengajak negara yang tergabung dalam KTT G7 menyerukan perdamaian dunia. Salah satunya upaya perdamaian Rusia dan Ukraina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendorong dan mengajak negara KTT G7 mencari solusi tentang krisis pangan dan energi yang sedang melanda dunia.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ucapnya.

3. Jokowi bakal ke Ukraina dan Rusia

Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNIPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Usai dari Jerman, Jokowi akan berkunjung ke Ukraina. Di Ukraina, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata dia.

Jokowi kemudian akan melanjutkan lawatannya ke Rusia. Orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi.

Baca Juga: Bakal ke Rusia, Jokowi Minta Putin Hentikan Perang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya