Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat Garuda

Jokowi akan kunjungi Jerman, Ukraina, Rusia dan UAE

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Minggu (26/6/2022), melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Ada empat negara tujuan dalam lawatan Jokowi kali ini.

Presiden akan berkunjung ke tiga negara di Eropa yakni, Jerman, Ukraina, dan Rusia. Satu negara lainnya yang akan dikunjungi adalah Uni Emirat Arab.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Jokowi terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GAIA-1) dan lepas landas pukul 10.36 WIB.

Pesawat yang membawa Jokowi dan rombongan itu akan terlebih dahulu pergi ke Jerman. Jokowi akan menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Munich, Jerman.

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi turut didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono; Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI M. Tonny Harjono; Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto. 

Kemudian Komandan Paspampres, Mayjen TNI Tri Budi Utomo; Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana; dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi sudah berangkat terlebih dahulu ke Jerman.

Baca Juga: Jokowi Berangkat Kunjungan ke 4 Negara, Termasuk Ukraina-Rusia

1. Jokowi akan ajak negara KTT G7 serukan perdamaian dunia

Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat GarudaKonferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi berencana mengajak negara yang tergabung dalam KTT G7 untuk menyerukan perdamaian dunia. Salah satunya upaya perdamaian Rusia dan Ukraina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendorong dan mengajak negara KTT G7 mencari solusi tentang krisis pangan dan energi yang sedang melanda dunia.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Misinya Kunjungi Ukraina dan Rusia

2. Setelah Jerman, Jokowi akan ke Ukraina dan Rusia

Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat GarudaKonferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai dari Jerman, Jokowi akan berkunjung ke Ukraina. Di Ukraina, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata dia.

Jokowi kemudian akan melanjutkan lawatannya ke Rusia. Orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi.

3. Negara terakhir yang akan dikunjungi Jokowi Uni Emirat Arab

Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat GarudaKonferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara, negara terakhir yang akan dikunjungi Jokowi dalam pekan ini adalah Uni Emirat Arab. Di negara tersebut, Jokowi akan membahas tentang kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

"Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia, tapi juga bagi negara-negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh pada jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan," katanya.

Meski demikian, Jokowi tak menjelaskan akan berapa lama berada di luar negeri. Jokowi pun memberi tugas Wakil Presiden, Ma'ruf Amin untuk memimpin pemerintahan selama dirinya di luar negeri.

"Selama (saya) di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," imbuhnya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Video Call Ridwan Kamil Sampaikan Duka Cita

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya