Comscore Tracker

Baznas Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat, Apa Tujuannya?

Mahasiswa harus meningkatkan literasi zakat

Jakarta, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendorong mahasiswa untuk menjadi duta zakat. Wakil Ketua Baznas RI, Mo Mahdum, mengatakan dorongan itu dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan gaya hidup berbagi di generasi anak muda.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mengajak agar penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS menjadikan aksi berbagi sebagai gaya hidup, serta mendorong mahasiswa menjadi duta zakat.

"Zakat adalah penolong kita nantinya kelak di hari akhir. Maka dari itu, saya mengajak seluruh masyarakat, termasuk adik-adik di sini untuk menjadikan zakat sebagai gaya hidup," ujar Mahdum dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Antisipasi Penyalahgunaan, Baznas Jamin Transparansi Pengelolaan Zakat

1. Peningkatan literasi zakat harus dilakukan

Baznas Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat, Apa Tujuannya?ilustrasi zakat (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam kesempatan itu, Mahdum mengatakan literasi zakat di kalangan mahasiswa harus ditingkatkan. Apabila mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang zakat, akan lebih mudah memaparkan kepada masyarakat.

"Mahasiswa harus jadi role model, mengakrabkan dan membiasakan zakat, infak, dan sedekah di kehidupan sehari-hari. Karena dengan begitu akan mendorong peningkatan literasi zakat di tengah masyarakat," ucap dia

Baca Juga: Kembangkan Aplikasi Zakat, Baznas Gandeng Islamic Development Bank 

2. Pesan itu disampaikan ke mahasiswa penerima beasiswa Baznas

Baznas Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat, Apa Tujuannya?Acara Baznas bersama mahasiswa penerima beasiswa cendekia di Al-Bukhary Institute University (AIU) Malaysia (dok. Baznas)

Mahdum menyampaikan pesan tersebut kepada mahasiswa penerima beasiswa cendekia Baznas, yang diterima di Al-Bukhary Institute University (AIU) Malaysia.

"Kalau kita sudah diterima di AIU, maka optimalkan semua kesempatan yang ada, karena tidak semua orang bisa masuk ke sini," ujar dia.

3. Konsul Jenderal RI di Penang beri apresiasi

Baznas Dorong Mahasiswa Jadi Duta Zakat, Apa Tujuannya?Acara Baznas bersama mahasiswa penerima beasiswa cendekia di Al-Bukhary Institute University (AIU) Malaysia (dok. Baznas)

Dalam acara tersebut, Konsul Jenderal RI di Penang, Bambang Suharto memberikan apresiasi kepada para penerima beasiswa Baznas. Bambang mengatakan, para mahasiswa itu memiliki dedikasi yang baik selama belajar.

"Peserta Beasiswa dari Baznas selama ini selalu mendapatkan pujian terkait dengan kontribusi, dedikasi, dan prestasi yang telah mereka berikan," kata Bambang.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya