Beredar Nama Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Meski Masih Dites di DPR

Komisi II DPR RI membantah kabar tersebut

Jakarta, IDN Times - Beredar sejumlah nama calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 terpilih. Nama-nama tersebut ada tujuh orang untuk komisioner KPU dan lima Bawaslu.

Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, turut berkomentar mengenai hal ini. Dia meminta Komisi II DPR RI merespons beredarnya nama yang diduga sudah terpilih. Sebab, saat ini Komisi II DPR masih melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon komisioner KPU dan 10 calon komisioner Bawaslu.

"Komisi II DPR perlu merespons beredarnya rumor soal nama-nama itu dengan benar-benar menunjukkan kesungguhan dalam melalukan uji kelayakan dan kepatutan para calon, serta memutuskan pilihan atas calon KPU dan Bawaslu terpilih berdasarkan pertimbangan kapasitas, rekam jejak, integritas, dan kemampuan kepemimpinan terbaik," ujar Titi kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

Baca Juga: Ini 5 Kriteria DPR Tentukan Calon Komisioner KPU dan Bawaslu 2022-2027

1. Calon komisioner KPU-Bawaslu yang terpilih harus sesuai penilaian di uji kelayakan

Beredar Nama Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Meski Masih Dites di DPRAnggota Dewan Pembina Perludem, Titi Anggraini (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Titi mengatakan, nama-nama calon komisioner yang terpilih harus sesuai dengan penilaian di uji kelayakan. Menurut dia, tahap uji kelayakan bukan sekadar tempat untuk formalitas semata.

"Hasil terpilih memang mencerminkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang diselenggarakan secara berbobot dan berorientasi menggali kemampuan terbaik dari para calon. Bukan sekadar prosedural yang dilalui untuk melegitimasi nama-nama yang sudah disepakati sebelumnya," kata dia.

2. Komisi II DPR bantah komisioner KPU-Bawaslu sudah disiapkan

Beredar Nama Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Meski Masih Dites di DPRKetua komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, membantah adanya nama calon komisioner KPU dan Bawaslu sudah disiapkan. Menurut dia, Komisi II masih melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada 14 Februari-16 Februari 2022.

"Fit and proper test-nya saja baru sekarang, kalau di Komisi II gak ada, gak tahu kalau di luar Komisi II," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Komisi II DPR Uji Kelayakan Calon Komisioner KPU-Bawaslu Hari Ini

3. Komis II tegaskan fit and proper test bukan main-main

Beredar Nama Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Meski Masih Dites di DPRKetua komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Doli menegaskan, proses fit and proper test yang dilakukan Komisi II DPR bukan suatu hal yang main-main.

"Masak main-main, ada anggarannya lho, ngapain ini buang-buang waktu, kerjaan saya juga banyak, ngurusin partai dan macam-macam, ini serius," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya