Bertemu Menteri Haji Saudi, Yaqut Berharap Jemaah RI Segera Bisa Umrah

Yaqut dan Menteri Haji Saudi membahas umrah dalam pertemuan

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Taufig F. Alrabiah, di Makkah. Pertemuan itu berlangsung pada Senin (22/11/2021).

Yaqut mengatakan ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, salah satunya terkait pelaksanaan umrah dan haji bagi jemaah asal Indonesia.

“Alhamdulillah, hari ini saya bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. Menteri Taufig mengatakan bahwa Indonesia adalah prioritas dalam masalah haji dan umrah,” ujar Yaqut dalam keterangannya.

1. Berharap jemaah Indonesia bisa segera umrah

Bertemu Menteri Haji Saudi, Yaqut Berharap Jemaah RI Segera Bisa UmrahMenag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. (dok. Kemenag)

Usai bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Yaqut berharap jemaah Indonesia bisa kembali pergi ke Tanah Suci untuk beribadah. Sebab, jemaah Indonesia sudah rindu untuk melaksanakan umrah dan haji.

Sebelum pertemuan Yaqut dan Taufig, terlebih dahulu ada pembahasan antara Wakil Menteri Haji Saudi dengan tim Kementerian Agama yang dikomandoi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Staf Khusus Menteri Agama dan tim Konsul Haji Jeddah.

“Menteri Haji tadi mengapresiasi progress pembahasan awal yang sudah dilakukan Wakil Menteri Haji dengan tim Kemenag. Kita berharap semoga persiapan lanjutan baik di Saudi dan Tanah Air bisa segera selesai sehingga penyelenggaraan umrah bisa segera dibuka,” katanya.

Baca Juga: Menag Yaqut Bertemu Gubernur Makkah Bahas Umrah

2. Bahas kerja sama bilateral

Bertemu Menteri Haji Saudi, Yaqut Berharap Jemaah RI Segera Bisa UmrahMenag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Taufig F. Alrabiah di Makkah. (dok. Kemenag)

Dalam pertemuan itu, kata Yaqut, Kementerian Agama dan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi turut membahas kerja sama bilateral terkait haji dan umrah.

"Kami memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kerja sama seperti di bidang manasik haji atau penyuluhan secara terpadu,” katanya.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latif, Konjen RI Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji, serta Kuasa Usaha ad interim KBRI Riyadh Arief Hidayat.

3. Yaqut bertemu Gubernur Makkah bahas umrah

Bertemu Menteri Haji Saudi, Yaqut Berharap Jemaah RI Segera Bisa UmrahMenag, Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud (dok Kemenag)

Sehari sebelumnya, Yaqut juga bertemu dengan Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud. Pertemuan itu berlangsung di Kantor Gubernur Makkah pada Minggu (21/11/2021).

Dalam pertemuan itu, Yaqut menyampaikan mengenai kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia. Dia juga menyampaikan Kementerian Agama telah membuat kebijakan penyiapan jemaah umrah Indonesia.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan COVID di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali," ujar Yaqut dalam keterangannya, Senin (22/11/2021).

Yaqut juga menyampaikan mayoritas calon jemaah umrah sudah menerima vaksin COVID-19. Menurutnya, pemerintah juga telah memberikan edukasi kepada calon jemaah untuk senantiasa disiplin protokol kesehatan.

"Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jemaah haji dan umrah," katanya.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya