Besok Idul Adha, Menag Ajak Takbir Virtual Malam Ini

Acara takbir akbar virtual disiarkan di TV hingga medsos

Jakarta, IDN Times - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah akan jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan takbiran di rumah saja.

Selain itu, Menag juga mengajak umat Islam untuk mengikuti takbir akbar virutal. Acara tersebut akan digelar malam ini pukul 19.30 WIB. Acara akan disiarkan di stasiun TV, radio dan media sosial.

“Mari meriahkan malam Hari Raya Idul Adha dalam Takbir Akbar Virtual,” ujar Yaqut, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: 7 Tradisi Daerah saat Idul Adha yang Paling Menarik di Indonesia

1. Takbir akbar virtual bakal diikuti Jokowi-Ma'ruf

Besok Idul Adha, Menag Ajak Takbir Virtual Malam IniPresiden Jokowi bersama dengan Wapres Ma'ruf Amin di Istana Negara pada Senin, (14/7/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Acara takbir akbar virtual ini juga akan diikuti oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Selain itu, sejumlah pejabat juga dijadwalkan akan mengikuti acara tersebut dari rumah masing-masing.

“Mari gemakan takbir, agungkan Asma Allah Yang Mahabesar dan Mahakuasa, dari rumah masing-masing, seraya berharap pandemi ini segera berakhir,” ucap Menag.

Baca Juga: Ini Tata Cara Penyelenggaraan Ibadah Idul Adha di Kota Bogor

2. 'Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat' jadi tema takbir akbar virtual

Besok Idul Adha, Menag Ajak Takbir Virtual Malam IniTakbir virtual malam Idul Fitri di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, 23 Mei 2020. (ANTARA FOTO)

Yaqut menerangkan, 'Solidaritas Bersama untuk Indonesia Sehat' menjadi tema dalam acara takbir akbar virtual. Selain itu, masyarakat juga dapat membuat hastag #TakbirDiRumahAja.

Lebih lanjut, Yaqut meminta mengingatkan pesan Rasulullah SAW pada khutbah wukuf pada Haji Wada’ 14 Abad silam. Dalam pesannya, Rasulullah meminta umatnya untuk senantiasa menjaga diri dan orang lain.

“Ini pesan yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, di momen Idul Adha saat pandemi, mari bangun solidaritas bersama untuk Indonesia Sehat,” tandasnya.

3. Takbir akbar digelar virtual, warga diimbau salat Idul Adha di rumah

Besok Idul Adha, Menag Ajak Takbir Virtual Malam IniWakil Presiden RI Maruf Amin Memimpin Salat Jumat di Masjid Baiturahman (Dok. Humas Setwapres)

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, akan digelar takbir akbar nasional Hari Raya Idul Adha 1442 H secara virtual pada Senin (19/7/2021) malam. Takbir digelar secara virtual berdasarkan kesepakatan antara pemerintah dan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam.

"Akan ada takbir nasional secara virtual, bersama Presiden Joko Widodo, saya, bersama dengan ormas-ormas Islam seluruh Indonesia, secara nasional," kata Ma’ruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Minggu (18/7/20210) malam.

Idul Adha tahun ini jatuh pada Selasa, 20 Juli 2010. Menurut Ma'ruf, acara Takbir Akbar Idul Adha 1442 H digelar virtual agar masyarakat juga menaati imbauan pemerintah untuk melaksanakan takbir di rumah, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Ada pendapat bahwa Indonesia sudah mulai dianggap sebagai pusat penyebaran baru, episentrum baru sekarang ini, dan ini sangat meresahkan karena penyebaran oleh varian Delta ini begitu cepat," tutur Ma'ruf seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, 11 Tweet Warganet tentang Kurban Ini Receh Abis

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya