Comscore Tracker

Besok Tahun Baru Islam, Ini Doa Awal dan Akhir Tarikh

Muharram salah satu bulan yang diutamakan

Jakarta, IDN Times - Tahun 1442 Hijriah berakhir hari ini. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berdoa dalam setiap aktivitas, termasuk ketika akhir dan awal tahun (tarikh).

Dilansir dari NU Online, Mufti Jakarta abad ke-19-20 M Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya yang berisi kumpulan doa, Maslakul Akhyar, memasukkan doa awal dan akhir tahun.

Baca Juga: Resep Bubur Suro, Sajian Khas yang Hanya ada di Bulan Muharram

1. Doa akhir tahun

Besok Tahun Baru Islam, Ini Doa Awal dan Akhir TarikhIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Rasulullah SAW menganjurkan doa dibaca sebanyak tiga kali sebelum magrib pada hari terakhir Dzulhijjah.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah

2. Doa awal tahun

Besok Tahun Baru Islam, Ini Doa Awal dan Akhir TarikhIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Doa awal tahun dibaca dengan berharap Allah SWT memberikan perlindungan, kesehatan, rezeki, jodoh, karier, keharmonisasi dan segala kebaikan lainnya, serta wafat dalam khusnul khatimah. Doa ini dibaca tiga kali.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

3. Amalan pada bulan Muharram

Besok Tahun Baru Islam, Ini Doa Awal dan Akhir TarikhIlustrasi berdoa (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT. Muharram juga dijuliki dengan Syahrullah atau bulan Allah.

Muharram dimuliakan karena ada amalan yang dianjurkan. Amalan itu yakni puasa pada Muharram.

جاء رجل إلى النبي ضلى الله عليه وسلم فقال: أي الصيام أفضل بعد شهر رمضان؟ قال: شهر الله الذي تدعونه المحرم

Artinya, "Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?' Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: Mengenang Huzaemah Tahido, Pakar Hukum Islam dan Aktivis Perempuan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya