Biro Travel Umrah Keluhkan Naiknya Harga Tiket Pesawat

Langka dan mahal harga tiket disebut seperti minyak goreng

Jakarta, IDN Times - Harga tiket pesawat untuk umrah sedang mengalami kenaikan dikeluhkan oleh biro travel perjalanan ibadah ke Makkah itu. Selain mahal, tiket pesawat untuk umrah juga sulit didapatkan.

Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Zaky Zakariya Anshary, mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat itu di luar kewajaran.

"Penyelenggara umrah saat ini mengalami kegalauan yang luar biasa, selain susahnya mendapatkan tiket umrah yang seperti ditelan bumi, harga tiket umrah juga di luar batas kewajaran," ujar Zaky dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, biro travel umrah harus berusaha kembali keluar dari masalah tersebut setelah dihantam pandemik COVID-19.

Baca Juga: Cabai Merah hingga Harga Tiket Pesawat Jadi Biang Kerok Inflasi Juli

1. Harga tiket pesawat untuk umrah naik jelang musimnya

Biro Travel Umrah Keluhkan Naiknya Harga Tiket PesawatIlustrasi keberangkatan calon jemaah umrah. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Zaky mengatakan, setelah selesai penyelenggaraan ibadah haji, Kerajaan Arab Saudi kembali membuka visa umrah. Namun, hal itu terbebani harga tiket pesawat yang naik menjelang musim umrah.

"Beberapa bulan lalu mulai muncul harga tiket umrah EY yang awalnya Rp10 juta, sekarang Rp13 jutaan. Kemudian SV yang awalnya Rp12,1 jutaan, sekarang sudah Rp14,1-Rp15 juta. JT yang awalnya Rp12-Rp13 jutaan pada 27 Juli 2022, buat edaran kenaikan Rp300 ribu, GA yang awalnya Rp13 jutaan, 29 Juli buat perubahan harga hingga Rp15,6 juta," kata dia.

Menurutnya, harga tersebut bisa lebih mahal apabila membeli tiket melalui broker atau agen tiket.

Baca Juga: Jangan Kaget kalau Harga Tiket Pesawat Makin Mahal, Ini Sebabnya!

2. Kelangkaan tiket umrah disebut sama dengan minyak goreng

Biro Travel Umrah Keluhkan Naiknya Harga Tiket PesawatStok minyak goreng kembali ditambah di Superindo Intercon, Meruya, Jakarta Barat pada Selasa (1/2/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Lebih lanjut, Zaky mengatakan, langka dan naiknya harga tiket pesawat juga sama dengan yang terjadi sebelumnya pada minyak goreng. Oleh karena itu, ia berharap agar asosiasi dan DPR bisa mendorong pemerintah untuk membantu menurunkan harga tiket.

"Kelangkaan dan mahalnya tiket umrah saat ini seperti minyak goreng yang pernah dialami masyarakat Indonesia, mahal dan langka," kata dia.

3. Penyebab harga tiket pesawat untuk umrah naik

Biro Travel Umrah Keluhkan Naiknya Harga Tiket PesawatIlustrasi keberangkatan calon jemaah umrah. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Zaky mengatakan, terkait naiknya harga tiket pesawat untuk umrah, Amphuri melakukan rapat. Hasilnya, ada sejumlah hal yang dapat disimpulkan dari kenaikan harga tersebut.

Berikut hasil kesimpulan Amphuri:

1. Demand yang tinggi berbanding dengan tersedianya pesawat
2. Tiket transit di negara kedua banyak dipakai jalur transit yang hendak ke Eropa dan Amerika Serikat, seperti jalur Turki, UEA, dan lain-lain
3. Masyarakat di negara transit, misalnya Turki, UEA, dan lain-lain memerlukan tiket umrah
4. Ketersediaan pesawat yang terbatas di setiap maskapai
5. Ada unsur memanfaatkan demand yang tinggi dari pihak maskapai dan broker tiket
6. Kenaikan avtur, dolar dan airport tax semestinya kenaikan tidak terlalu signifikan. Misalnya maskapai Lion yang hanya naik Rp300 ribu, dinilai masih wajar.

"Tetapi penerbangan lain kenaikannya di luar batas kewajaran, tiket awalnya hanya Rp14 jutaan sekarang hinggaRp17 jutaan. Semestinya airlines tidak memanfaatkan demand tinggi ini dengan memasang tarif semaunya," katanya.

Oleh karena itu, solusi yang mungkin dapat ditempuh oleh asosiasi dan penyelenggara adalah dialog dengan maskapai bersangkutan untuk menegosiasikan harga, mengadukan ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agama, hingga boikot untuk sementara tidak memberangkatkan umrah.

"Semoga pemerintah bisa melindungi dan menormalisasi harga tiket umrah, sehingga penyelenggara dan masyarakat bisa kembali bisa melaksanakan ibadah umrah dengan lancar dengan harga yang wajar," kata Zaky.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya