Comscore Tracker

BMKG: Perubahan Iklim Ancaman Nyata, Pemicu Cuaca Ekstrem

Perubahan iklim memicu berbagai bencana hidrometeorologi

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan perubahan iklim adalah ancanam nyata. Hal itu disampaikan Dwikorita bertepatan dengan hari internasional untuk pengurangan risiko bencana pada 13 Oktober 2021.

"Berdasarkan data observasi dan analisis/prediksi yang dilakukan BMKG, perubahan iklim adalah nyata dan semakin serius," kata Dwikorita dalam keterangannya.

1. Perubahan iklim picu cuaca ekstrem

BMKG: Perubahan Iklim Ancaman Nyata, Pemicu Cuaca EkstremIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dwikorita menerangkan perubahan iklim memicu terjadinya cuaca ekstrem dan anomali iklim yang semakin sering. Intensitasnya pun semakin kuat dengan durasi panjang.

"Untuk mencegah dan mengurangi kejadian bencana, maka kita semua harus terlibat bersama dalam upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim ini. Lakukan mulai dengan menggencarkan penghijauan lebih masif, selalu lestarikan lingkungan dan terapkan energi terbarukan," ucapnya.

Baca Juga: Perubahan Iklim Ancam Ketersediaan Pangan

2. Musim kemarau akan terasa lebih panas dan kering

BMKG: Perubahan Iklim Ancaman Nyata, Pemicu Cuaca EkstremANTARA FOTO/Arnas Padda

Berdasarkan data yang dimiliki BMKG, perubahan iklim Indonesia dalam 10 tahun yakni 2020-2030, suhu udara diproyeksikan meningkat 0,5 persen.

BMKG juga menyebut, curah hujan pada musim kemarau diproyeksikan semakin berkurang sekitar 20 persen. Sehingga, musim kemarau di masa mendatang terasa lebih panas dan kering.

3. Curah hujan semakin lebat

BMKG: Perubahan Iklim Ancaman Nyata, Pemicu Cuaca EkstremIlustrasi Suasana Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, hujan juga akan semakin lebat di musim hujan. Hal itu juga dapat menyebabkan potensi bencana hidrometeorologi meningkat.

Bencana hidrometerologi itu antara lain, banjir, longsor, hingga angin puting beliung. Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarat untuk waspada menghadapi bencana.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, BMKG Minta Warga Waspada Bencana Hidrometeorologi

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya