Comscore Tracker

[BREAKING] Jokowi Ungkap Kriteria Pilih Zulkifli dan Hadi Jadi Menteri

Jokowi yakin Zulkifli bisa menangani masalah perdagangan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto masuk Kabinet Indonesia Maju. Zulkifli dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi.

Sementara, Hadi menduduki jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), menggantikan Sofyan Djalil.

Usai pelantikan di Istana Merdeka, Jokowi membeberkan alasannya memilih Zulkifli dan Hadi sebagai menterinya.

"Kita melihat semuanya rekam jejak, pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, karena sekarang bukan makro saja, tetapi mikro juga harus secara detail dikerjakan. Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk Menteri Perdagangan," ujar Jokowi, Rabu (15/6/2022).

Karena itu, Jokowi meyakini, Zulkifli bisa menangani masalah perdagangan, terutama terkait urusan pangan. Dalam kesempatan itu, politikus yang akrab disapa Zulhas itu juga diminta Jokowi bisa lebih memenuhi kebutuhan pangan alam negeri.

Lebih lanjut, terkait Hadi, Jokowi menilai sosok mantan Panglima TNI itu mampu memahami wilayah yang ada di Indonesia. Jokowi meminta Hadi menyelesaikan urusan sertifikat tanah yang selama ini menjadi konflik di masyarakat.

"Harus segera diselesaikan, dan saya meyakini Pak Hadi memiliki kemampuan untuk itu," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Hadi mampu menyelesaikan masalah lahan yang berkaitan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Harta Kekayaan Zulkifli Hasan Rp32 Miliar, Tidak Punya Utang!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya