Comscore Tracker

[BREAKING] Lansia dan Pengidap Penyakit Komorbid Tetap Disarankan Pakai Masker

Jokowi cabut aturan penggunaan masker

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencabut aturan penggunaan masker bagi masyarakat yang sedang berkegiatan di luar ruangan. Meski demikian, lansia dan orang yang memiliki penyakit komorbid disarankan tetap menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga, bagi masyarakat yang punya gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker saat beraktvitas," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022)

Jokowi menerangkan, pelonggaran itu dilakukan karena kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia sudah dapat dikendalikan. Namun, dilanjutkan Jokowi, masker harus tetap dipakai apabila melakukan kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal, pertama pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," ucapnya.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup, dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," ujar Jokowi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Cabut Aturan Penggunaan Masker di Ruang Terbuka

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya