Buka Pospenas IX 2022, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran Agama

Acara Pospenas IX digelar dari 23-27 November 2022

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, membuka Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX Tahun 2022. Pembukaan itu digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu (23/11/2022) malam.

Dalam pembukaan itu, defile semua kontingen dari 34 provinsi ditampilkan. Berbagai penampilan seperti marching band Gema Nawa Katika dan tari kecak santri, sebuah tari konvergensi kecak dengan tarian sufi dan nada salawatan turut meramaikan acara pembukaan.

Di hadapan 4 ribu atlet dan official, serta 20 ribu santri yang memadati stadion Manahan Surakarta, Yaqut memberikan pesan untuk tetap sportif dalam bertanding.

"Ingat, sportifitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren. Praktikan itu di sini, dengan berlomba penuh respek dan sportif," ujar Yaqut.

Yaqut mengatakan, Pospenas ini digelar dari 23-27 November 2022 dengan tema "Gerak Santri, Bangkit Negeri".

Baca Juga: 2.867 Santri se-Indonesia Tanding di Pospenas IX Solo

1. Menag meminta kepada santri untuk memberikan yang terbaik untuk pesantrennya

Buka Pospenas IX 2022, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran AgamaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam kesempatan itu, Yaqut menegaskan para santri bisa menjadi apa saja. Mulai dari atlet, seniman, bahkan presiden.

"Maka, berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia" tambahnya.

Baca Juga: Kemenag Buka Rangkaian Pospenas 2022 Ditandai Kirab Obor

2. Harus jaga protokol kesehatan

Buka Pospenas IX 2022, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran AgamaIDN Times/Debbie Sutrisno

2. Harus jaga protokol kesehatanDalam kesempatan itu, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, mengaku senang, para santri dapat bertanding di stadion Manahan yang berkelas Internasional. Dia berpesan, para santri dan official tetap menjaga protokol kesehatan.

"Karena masih pandemik, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlit sudah divaksin dan swab antigen," ucap Ali.

3. Rangkaian Pospenas IX 2022 diawali dengan pawai obor

Buka Pospenas IX 2022, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran AgamaPawai api obor rangkaian kegiatan Pospenas IX Kemenag (dok. Kemenag)

Sebelumnya, Rangkaian Pospenas IX ini dibuka dengan kirab obor dari Grobogan, Jawa Tengah.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghafur mengatakan obor tersebut menggunakan api abadi Mrapen dilakukan oleh para santri Pondok Pesantren Hidayah Karang Rayung, Grobogan.

Pesantren adalah elemen penting dalam sistem pendidikan nasional dan menjadi perekat persatuan bangsa," ujar Waryono dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya