Bupati Kendal Kader Potensial Golkar untuk Diusung di Pilgub Jateng

DPP Golkar masih fokus strategi pemilu dan capres

Jakarta, IDN Times - Bupati Kendal, Dico Ganinduto, disebut sebagai kader potensial yang bisa diusung Golkar menjadi calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah. Potensi itu diakui secara pribadi oleh Ketua DPP Golkar, Dave Laksono.

"Dico itu adik saya, sejak di AMPI dan sekarang di Kosgoro 1957 adalah pengurus saya, tentu secara pribadi saya mendukung," ujar Dave kepada IDN Times, Minggu (22/1/2023).

Baca Juga: Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung Golkar

1. Semua pencalonan dikembalikan ke DPP Golkar

Bupati Kendal Kader Potensial Golkar untuk Diusung di Pilgub JatengAnggota komisi I DPR dari fraksi Partai Golkar, Dave Laksono ketika berbicara di program Ngobrol Seru by IDN Times pada 8 Maret 2022 (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Meski demikian, Dave mengaku setiap orang yang akan dicalonkan menjadi kepala daerah itu dikembalikan ke internal Golkar. Meski demikian, kata dia, Dico memiliki kemampuan memimpin yang mabik.

"Secara kemampuan sudah cukup mapan, pengalaman dalam memimpin Kendal pun sudah membuktikan kepiauan beliau dalam mengabdi," ucap dia.

Menurutnya, saat ini DPP Golkar masih fokus mengatur strategi untuk pemilu dan memenangkan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto (AH) menjadi calon presiden (capres).

"Mungkin di jajaran Jateng (sudah membahas Dico), tetapi belum dibahas mengenai pilkada perdaerah. Kita masih fokus untuk pemenangan pelu dan Pak AH sebagai presiden yang akan datang," kata Dave.

Baca Juga: Ditanya Maju Pilgub Jateng Bersama Gibran, Ini Respons Bupati Kendal

2. Ditanya maju pilgub Jateng bareng Gibran, ini respons Dico

Bupati Kendal Kader Potensial Golkar untuk Diusung di Pilgub JatengBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelumnya, Dico Ganinduto mengaku cukup sering berinteraksi dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Sebab, keduanya sama-sama menjadi kepala daerah di Jawa Tengah.

"Ya Mas Gibran kadang-kadang kalau curhat suka curhat sama saya juga, pas acara-acara bareng aja, kita kan sama-sama di Jateng sering acara bareng, jadi ya kita kalau ada acara ketemu," ungkap Dico saat ditanyakan hubungannya dengan Gibran, yang juga merupakan kepala daerah muda di Jawa Tengah.

Kendati demikian, kata Dico, saat bertemu Gibran keduanya tak pernah membahas soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang akan digelar pada 2024 mendatang.

"Tapi saya suka semangatin lah, udah mas habis ini maju provinsi," ujar Dico sambil tersenyum saat bertandang ke kantor IDN Times, di IDN Media HQ, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Unggul 49,2 Persen, Ini Janji Dico Ganinduto buat Warga Kendal

3. Menyerahkan ke partai bila ada yang dukung maju di Pilgub Jateng

Bupati Kendal Kader Potensial Golkar untuk Diusung di Pilgub JatengBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Saat ditanyakan apakah dirinya bersedia bila nanti partainya, Golkar, meminta dia untuk mendampingi Gibran di Pilgub Jateng, Dico menjawab, "ya nanti kita lihat keputusan partai aja seperti apa."

Dico menegaskan bahwa semua langkah politiknya ke depan harus berdasarkan rekomendasi partai. Termasuk bila ada yang mendukungnya untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024. 

"Nanti partai apakah akan menugaskan saya kemana, kita kan gak tahu," ucap Wakil Sekjen DPP Partai Golkar ini.

"Kalau misalkan partai menyetujui saya untuk maju ke provinsi, mendapatkan dukungan, secara situasi juga oke, menurut saya kenapa enggak," lanjut Dico yang disebut bupati termuda di Jateng.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya